Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan penambahan anggaran pendidikan dari yang semula Rp1,25 triliun menjadi Rp1,27 triliun pada perubahan APBD 2023 diperuntukkan gaji guru P3K sebanyak 401 orang selama empat bulan.

"Jadi banyak alokasi yang kita tingkatkan di bidang pendidikan, diantaranya gaji P3K selama empat bulan ke depan," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menyampaikan jawaban Wali Kota terhadap pandangan umum fraksi mengenai Raperda APBD 2023 di gedung DPRD, Tangerang, Rabu.

Sementara itu program pendidikan lainnya yang mendapatkan penambahan anggaran yakni program Tangerang Cerdas, bantuan operasional untuk sekolah swasta, penambahan jumlah sekolah negeri di jenjang SMP serta peningkatan kesejahteraan guru.

Baca juga: Pemkot Tangerang harapkan 1.735 guru sandang P3K tingkatkan dedikasi

Selain itu juga program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, pemenuhan sarana prasarana, dan peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan.

"Ada juga pengelolaan pendidikan sekolah dasar, pendidikan sekolah menengah pertama, pendidikan anak usia dini dan pendidikan non formal atau kesetaraan," ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Arief menuturkan anggaran pendidikan di Perubahan APBD 2023 bertambah Rp19,3 miliar dari yang semula Rp1,25 triliun menjadi Rp1,27 triliun.

Tak hanya di bidang pendidikan, pada bidang kesehatan pun alami kenaikan sebesar Rp57,9 miliar menjadi Rp900,3 miliar.

Lalu pendapatan daerah dalam Raperda Perubahan APBD tahun 2023 menjadi Rp4,45 triliun atau berkurang Rp105,32 miliar dari anggaran semula sebesar Rp4,56 triliun. Sedangkan belanja daerah berkurang sebesar Rp143,15 miliar dari anggaran semula Rp5,1 triliun.

Baca juga: Pemkot Tangerang tambah anggaran pendidikan menjadi Rp1,27 triliun

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023