Pemerintah Kota Tangerang Banten menambah alokasi anggaran pendidikan dari yang semula Rp1,25 triliun menjadi Rp1,27 triliun pada perubahan APBD 2023.

"Urusan pemerintahan bidang pendidikan bertambah Rp19,13 miliar dari yang semula Rp1,25 triliun menjadi Rp1,27 triliun," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat memberikan penjelasan atas Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2023 di Gedung DPRD Kota Tangerang, Selasa.

Tak hanya di bidang pendidikan, Wali Kota Arief juga mengatakan pada bidang kesehatan pun alami kenaikan sebesar Rp57,9 miliar menjadi Rp900,3 miliar.

Baca juga: Wabup Lebak harapkan anak terdampak Waduk Karian miliki pendidikan tinggi

Menurut dia, secara garis besar komposisi Raperda perubahan APBD tahun anggaran 2023 mengalami penurunan, baik dari sisi pendapatan maupun belanja daerah, namun anggaran pendidikan dan kesehatan di Kota Tangerang justru bertambah.

Lebih lanjut Wali Kota menjabarkan anggaran belanja daerah terdiri dari tiga sumber diantaranya belanja operasi, belanja modal dan belanja tidak terduga.

"Yang dialokasikan untuk delapan urusan, mulai dari urusan wajib hingga urusan pendukung," katanya.

Pendapatan daerah dalam Raperda Perubahan APBD tahun 2023 menjadi Rp4,45 triliun atau berkurang Rp105,32 miliar dari anggaran semula sebesar Rp4,56 triliun.

"Sedangkan belanja daerah berkurang sebesar Rp143,15 miliar dari anggaran semula Rp5,1 triliun," pungkas Arief R Wismansyah.

Baca juga: Pemkot Tangerang laporkan akun unggah video bongkar ruko di Cimone
Baca juga: Kejari Tangerang musnahkan barang bukti 78 kasus tindak pidana

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023