Dalam rangka menjalankan amanat Ditjen Pemasyarakatan untuk menciptakan zero narkoba di dalam lingkungan lembaga pemasyarakatan (Lapas), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon menggelar razia terhadap setiap sel yang ada di lembaga itu, 

“Sesuai arahan Ditjen Pemasyarakatan, kami kerap melakukan razia rutin untuk memastikan bahwa Lapas Cilegon ini bersih dari peredaran narkoba dan benda-benda terlarang lainnya seperti handphone dan senjata tajam. Hal ini untuk memastikan kondisi keamanan di dalam lapas tetap kondusif,” ujar Kalapas Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim seusai sidak tersebut, Selasa (1/7/2023).

Baca juga: Lapas Rangkasbitung dan Rutan Pandeglang disidak Divisi Permasyarakatan Kemenkumham

Enjat mengatakan, pada razia tersebut melibatkan petugas keamanan Lapas Cilegon untuk memastikan tidak adanya upaya penyelundupan narkoba di dalam Lapas Cilegon. 

“Dari hasil razia hari ini, kami tidak menemukan adanya peredaran narkoba di dalam Lapas Cilegon. Dalam penggeledahan itu, petugas kami hanya menemukan 1 kabel, 1 korek dan 1 garpu. Selanjutnya barang hasil penggeledahan itu diinventarisir dan didata, kemudian akan diserahkan ke Kamtib untuk segera dimusnahkan,” tutur Enjat Lukmanul Hakim.

Baca juga: Penguatan Tusi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten di Lapas Kelas IIA Cilegon

Selain mengadakan razia secara internal, lanjut Enjat, pihaknya juga sering melakukan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BBN) dan Polres Cilegon untuk melakukan operasi pembersihan dari narkoba. 

“Begitu ada informasi tentang dugaan peredaran narkoba, kami langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan razia. Sehingga kami menargetkan Lapas Cilegon ini bisa zero narkoba,” kata Enjat.

Dia mengatakan dirinya dan seluruh jajaran Lapas Cilegon berkomitmen penuh untuk menjadikan lapas terbebas dari narkoba sesuai arahan yang kerap diberikan Dirjen Pas. 

Baca juga: Polres Cilegon amankan pelaku pengedar sabu di dalam lapas

“Kami juga tak akan segan-segan untuk memberikan sanksi baik teguran lisan, peringatan bahkan menyerahkan oknum pegawai Lapas dan narapidana yang masih mencoba-coba memasukkan narkoba ke dalam lapas. Kami pasti akan menyerahkan kasusnya ke aparat kepolisian untuk penindakan lebih lanjut,” kata Kalapas. 

Baca juga: Dirkeswat Ditjenpas apresias kebersihan dan pelayanan publik di Lapas Cilegon

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023