Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Polda Banten memperkuat koordinasi persiapan Pemilu 2024 yang ditandai dengan silaturahim yang berlangsung di Mapolda Banten, Serang, Rabu.

"Polda Banten dan jajaran siap mendukung dan mensukseskan pengamanan Pemilu 2024,” kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif saat kunjungan dari KPU Provinsi Banten.

Kunjungan ini merupakan silaturahim sekaligus penguatan koordinasi mengenai persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.
 
Sabilul Alif memberikan apresiasi atas kunjungan silaturahim yang dilakukan KPU Banten.

Baca juga: Bakesbangpol Serang sosialisasi Pemilu pada ibu dan pemilih pemula

‌Menurut Sabilul, peran KPU sangat penting dalam menyukseskan pesta demokrasi di Indonesia, khususnya di Banten.

“KPU adalah salah satu instansi yang berperan penting sebagai penyelenggara dalam agenda Pemilu tahun 2024,” katanya menambahkan.

‌Sabilul berharap dengan adanya silaturahim dan penguatan koordinasi ini, dapat lebih mempererat hubungan komunikasi, dalam menghadapi agenda Pemilu 2024.

Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan mengatakan, kedatangan KPU ke Mapolda Banten, juga untuk menindaklanjuti rapat koordinasi sebelumnya bersama Forkopimda Banten terkait kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kedatangan kami hari ini selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk menindaklanjuti rapat koordinasi bersama Forkopimda Banten,” kata Ihsan.

Baca juga: KPU Pandeglang ajak elemen masyarakat dan mahasiswa sukseskan Pemilu

KPU, kata dia, tidak dapat bekerja sendiri dalam menyukseskan perhelatan politik pada 2024 mendatang. KPU Banten membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk Polda Banten dari sisi pengamanan Pemilu.

“Kami menyadari tidak dapat bekerja sendiri dalam mensukseskan agenda Pemilu 2024, perlu adanya komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar instansi,” katanya.

Adapun tahapan Pemilu 2024 yang sedang dilakukan KPU Banten yakni sedang melakukan verifikasi administrasi perbaikan kebenaran dan daftar ganda bakal calon anggota legislatif yang dimulai sejak 30 Juli sampai 31 Juli 2023.

Baca juga: Revisi UU Penyiaran diharapkan tuntas sebelum Pemilu 2024
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023