Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meninjau hasil program ‘bedah rumah’ di Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (24/7/2023). 

Rumah tersebut diperbaiki dari dana donasi warga Tangsel yang disalurkan melalui PMI saat penanggulangan bencana banjir pada tahun 2022. 

Baca juga: Kontingen PMI Banten Raih Peringkat 1 Jumbara Nasional PMR 2023

“Alhamdulillah, kami menyalurkan dan melaksanakan amanah dari warga Tangerang Selatan. Atas kerja sama dengan PMI Banten dan PMI Kota Serang, donasi direalisasikan dalam bentuk program bedah rumah,” kata Airin kepada wartawan. 

Diketahui, pada saat terjadi bencana banjir di Kota dan Kabupaten Serang awal 2022, PMI Tangsel menerima donasi warga sebesar Rp203 juta. Karena lintas daerah, donasi diserahkan melalui PMI Banten, dan diteruskan kepada PMI Kota Serang dan PMI Kabupaten Serang untuk disalurkan kepada penyintas banjir. Bantuan tersebut dilaksanakan setelah pemerintah daerah selesai melaksanakan recovery penanggulangan pasca bencana. 

Airin menyampaikan terima kasih atas kepedulian warga Tangsel. Ia pun meminta warga yang hadir untuk mendoakan para donatur agar diberikan rizki yang berkah dan bisa terus peduli terhadap masalah kemanusiaan. 

Baca juga: PMI Banten Intensifkan Sosialisasi Donor Darah

“Prinsip kami, tugas-tugas kemanusiaan tanpa batas, kepedulian kita terhadap sesama harus diperkuat, dan Insya Allah kita menjadi Bangsa yang kuat,” ujar mantan Walikota Tangsel ini. 

Turut hadir, Sekretaris PMI Banten Rahmat Fitriadi didampingi Ketua Bidang Organisasi Amrin Nur dan pengurus Bidang Penanggulangan Bencana Engkos Kosasih. Turut hadir pula Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kota Serang Mad Buang didampingi para relawan PMI, serta aparatur kelurahan dan warga setempat. 

Sekretaris PMI Banten Rahmat Fitriadi mengatakan, berdasarkan rapat bersama, donasi dimanfaakan untuk memperbaiki rumah warga kurang mampu secara ekonomi yang menjadi penyintas banjir tahun 2022. Perinciannya, ada 10 rumah yang diperbaiki di Kota dan Kabupaten Serang. 

“Tahap pertama telah diperbaiki lima rumah di Kota Serang, salah satunya di Kelurahan Karundang, Kota Serang ini. Sisanya ada di Kelurahan Serang dan Kasemen. Untuk tahap II, sedang proses perbaikan lima rumah di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Rahmat mengatakan, donasi warga Tangsel dilaksanakan tahun ini karena menunggu proses penanggulangan bencana tuntas dilakukan oleh pemerintah daerah. 

Baca juga: PMI Tangsel Bersama Ojol Gelar Donor Darah

"PMI turut membantu peran pemerintah dalam penanggulangan pasca bencana pada tahap rehabilitasi. Salah satunya adalah menyalurkan donasi dari Tangsel untuk dimanfaatkan dalam kegiatan kemanusiaan, berupa memperbaiki rumah yang rusak karna bencana," ujarnya.

Program bedah rumah ini, kata Rahmat belum semua selesai. Sesuai amanahnya, bantuan diberikan untuk warga penyintas banjir tahun 2022. 

“Bertahap kita selesaikan program hasil donasi warga Tangsel di Kota Serang, dan sudah tuntas dilaksanakan. Selanjutnya insya Allah, Agustus selesai program serupa di Kabupaten Serang. 

Baca juga: PMI Banten Sertifikasi Markas dan UDD se-Banten

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023