Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengajak semua elemen masyarakat Banten terutama kaum muslim, untuk merawat kepedulian terhadap penderitaan rakyat Palestina.

"Persoalan Palestina, adalah persoalan kemanusiaan, itu persoalan kita semua. Kemanusiaan kita berhenti, tepat ketika kita merasa persoalan Palestina hanya milik bangsa Palestina," kata Rano Karno saat memberikan sambutan pada Konser Kemanusiaan yang menampilkan penyanyi Opick dan Melly Goeslaw di Gelanggang Olah Raga (GOR) Maulana Yusuf  Kota Serang, di Serang, Minggu.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Kota Serang tersebut, Gubernur Banten Rano Karno hadir bersama Walikota Serang Tubagus Haerul Jaman dan Politisi PKS Anton Apriantono dan masyarakat Kota Serang.

Rano Karno mengatakan, bangsa ini berhutang dukungan pada Palestina yang dengan segala keterbatasannya pada waktu itu, telah berbuat hingga ke batas terjauh untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

"Yang menjadi pertanyaan bagi kita hari ini adalah, apa yang telah kita perbuat untuk membantu Palestina saat mereka membutuhkan dukungan kita dalam memperjuangkan kemerdekaannya," kata Rano Karno.

Gubernur Banten mengajak semua element masyarakat terutama umat muslim untuk terus merawat kepedulian pada tanah suci yang menjadi kiblat pertama kaum muslimin tersebut.

"Mari kita pekikkan kata merdeka yang kita persembahkan untuk bangsa Palestina, sebagaimana mereka dulu pernah mempersembahkan dukungan kemerdekaan untuk kita lebih dari setengah abad yang lampau. merdeka!merdeka!merdeka," katanya.

Ketua Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Kota Serang Juhaeni M Rois mengatakan, konser amal dan kemanusiaan yang menghadirkan dua musisi kondang yakni Opick dan Melly Goeslaw itu, pihaknya menargetkan pengumpulan dana untuk disumbangkan ke warga Palestina  sekitar Rp1 Miliar.

"Target kita terkumpul dana Rp1 Miliar, mudah-mudahan bisa tercapai," katanya.

Menurutnya, konser amal di Kota Serang merupakan konser yang ke 64 dari rencana 99 kali konser di kota-kota di Indonesia. Pihaknya berharap masyarakat Kota Serang dan Banten pada umumnya bisa membantu meringankan beban warga Palestina yang masih menderita akibat peperangan, bantuan tersebut bisa bisa diberikan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masyarakat.

Juhaeni mengatakan, dana yang terkumpulkan nantinya akan disumbangkan ke Palestina untuk membeli keperluan obat-obatan,  makan, dan keperlua lain warga Palestina yang saat ini masih terus menerima serangan.

"Blokade kan masih ada disana, uang ini nanti diamalkan ke sana. Kalau tidak relawan kita yang kesana,  nanti konsulat Palestina yang mengambil," katanya.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016