Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang mendorong dunia pendidikan terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk melakukan inovasi khususnya terkait keterampilan yang dibutuhkan industri saat ini sehingga pelajar yang baru lulus dapat diterima kerja.

"Kami juga mengajak kepada para guru SMK bisa melakukan inovasi saat pembelajaran dan praktek di sekolahnya masing-masing agar nanti jika anak didiknya Praktek Kerja Lapangan (PKL) di dunia industri tidak merasa kaget dan tinggal melanjutkan apa yang sudah biasa di lakukan saat bekerja," kata Kepala Dinasker Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan dalam keterangannya di Tangerang, Jumat.

Disnaker Kota Tangerang pun telah memfasilitasi komunikasi antara dunia pendidikan dan bidang industri melalui pertemuan terkait penyaluran tenaga kerja khususnya pelajar yang baru lulus.

Baca juga: Lulusan SMK di Banten didorong miliki sertifikat kompetensi keahlian

Fasilitasi kegiatan ini penting dilakukan agar dunia pendidikan mengetahui kebutuhan tenaga kerja yang diinginkan oleh industri.

Sehingga ketika nanti sekolah tersebut meluluskan para siswa maka sudah siap kerja dan mengetahui jenis pekerjaan yang akan dilakukan tanpa ada lagi kendala.

"Semakin hari semakin banyak inovasi dalam bidang industri yang harus kami selaraskan terhadap dunia pendidikan saat ini tentunya" kata Ujang.

Selain itu, fasilitasi komunikasi ini untuk menyamakan persepsi bahwa di dunia industri saat ini sangat membutuhkan tenaga kerja yang terampil. 

"Diharapkan, dengan adanya komunikasi yang baik antara dunia pendidikan dengan industri maka dapat menurunkan angka pengangguran di Kota Tangerang," ujarnya.

HRD Manager PT. Mayora yakni Hartoyo mengatakan di dunia industri dibutuhkan tiga fokus yakni attitude, knowledge, skill. Tetapi dalam dunia pekerjaan selalu di utamakan mengenai attitude karena skill dan knowledge bisa di ajarkan di sekolah, tetapi knowledge harus difokuskan lebih oleh para pendidik saat ini.

"Saat ini sudah 80 persen kami mensinergikan dunia pendidikan dengan dunia industri di Kota Tangerang walaupun setiap sekolah berbeda cara dalam mengaplikasikan," katanya.

Baca juga: Disnaker Tangerang gandeng perusahaan salurkan lulusan BKK ke industri

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023