Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berupaya meningkatkan kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi pemegang lisensi lembaga sertifikasi profesi pihak pertama (LSP P1), sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki sertifikasi kompetensi keahlian sesuai kebutuhan industri.

"Kita juga mendorong sekolah untuk menjadi tempat LSP P1," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani usai menghadiri pembukaan Job Fair dan Gelar Karya SMK Negeri 2 Pandeglang, di Jl. Raya Lintas Timur KM 03, Kadubanen, Kecamatan Pandeglang, di Pandeglang, Selasa (20/6).

Selain itu, ia menyampaikan pihaknya terus melakukan langkah-langkah link and match antara SMK dan Industri, di antaranya dengan melakukan evaluasi terhadap beberapa bidang jurusan yang minim diminati sektor industri.

"Kita juga minta SMK untuk rajin membangun kemitraan kepada dunia usaha," katanya menambahkan.

Pihaknya mengapresiasi kegiatan job fair dan gelar karya yang diselenggarakan SMK Negeri 2 Pandeglang bersama Ikatan Keluarga Alumni SMK Negeri 2 Pandeglang, kegiatan tersebut diharapkan dapat dilakukan oleh SMK di Provinsi Banten untuk mengenalkan para siswa kepada dunia kerja.

"Saya melihat secara langsung bahwa lulusan SMK itu diminati industri dan faktanya hari ini ada 14 perusahaan yang merekrut tenaga kerja," katanya.

Tabrani mengatakan dengan adanya Job Fair tersebut juga membuktikan lulusan SMK cukup diminati oleh sektor industri.

"Buktinya perusahaan mencari calon-calon tenaga kerja di sini," katanya.

Ia juga berpesan kepada para siswa SMK untuk terus meningkatkan kompetensinya sesuai dengan bidang jurusan yang diminatinya.

"Kegiatan ini bisa menjadi perhatian Kepala SMK yang lain untuk berupaya bagaimana tamatan SMK itu punya kompetensi dan kualifikasi, sehingga dapat diterima menjadi tenaga kerja," katanya.

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut membuka satu lapangan pekerjaan, dan diharapkan kegiatan Job Fair dapat dilakukan oleh SMK-SMK lainnya.

"Ini membuka lapangan pekerjaan baru untuk anak-anak kita," katanya.

Irna juga berpesan kepada seluruh siswa untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam menyambut bonus demografi ke depannya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pandeglang Ade Firdaus mengatakan kegiatan job fair dan gelar karya merupakan salah satu rangkaian menyambut HUT SMK Negeri 2 Pandeglang dan salah satu program kerja IKA Alumni SMK Negeri 2 Pandeglang.

"Job fair ini diikuti 14 perusahaan yang berpartisipasi, dan diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi pengangguran terbuka, baik di Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten," pungkas Irna Narulita.

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023