Wakil Bupati (Wabup) Tangerang Mad Romli berharap penyelenggaraan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten 2023 dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berinovasi, dan kreatif, di bidang seni budaya bangsa.

"FLS2N ini merupakan upaya dalam mencari bibit-bibit (SDM) unggul dalam berinovasi dan kreatifitas seni budaya bangsa. Diharapkan juga kedepannya anak-anak kita nantinya bisa mendapat prestasi di tingkat nasional," ucap Romli usai menghadiri penyelenggaraan FLS2N di Tangerang, Banten, Kamis.

Baca juga: Kota Tangerang dorong para kader gerakkan lansia hidup sehat berkualitas

Dia menyampaikan kegiatan FLS2N ini diupayakan sebagai mengidentifikasi dan pengembangan talenta di bidang seni dan budaya yang menjadi bagian penting dari pengelolaan SDM unggul dan berdaya saing.

"Dan pelaksanaan kegiatan ini bisa meningkatkan daya saing, baik di tingkat provinsi maupun nasional," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana menambahkan pelaksanaan kegiatan FLS2N merupakan salah satu sarana menggali potensi bakat anak-anak di daerahnya tersebut.

Selain itu, lanjutnya, agenda festival seni dan budaya tahunan itu sebagai persiapan mengikuti perlombaan serupa tingkat daerah hingga nasional.

"Kita tidak ada targetan dalam hal ini, karena kita ingin anak-anak itu bisa menampilkan bakat dan kreativitas tanpa ada beban," tuturnya.

Pelaksanaannya  FLS2N tingkat SMP itu dilaksanakan melalui dua tahapan. Tahapan pertama, yakni seleksi tingkat kecamatan dan tahap kedua yakni seleksi tingkat kabupaten dengan mengikuti standar prosedur pelaksanaan seleksi sesuai yang ditetapkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Kegiatan FLS2N yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang tersebut terdiri dari berbagai perlombaan seperti tari kreasi daerah dan lomba seni.

"Untuk perlombaan ini kita adakan 12 kegiatan seperti kreasi seni dan budaya daerah," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023