Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mendorong peran para kader untuk mengedukasi dan menggerakkan lansia agar mau menjalani hidup sehat dan berkualitas dengan datang ke posyandu.

Dikatakannya keberadaan Posyandu Lansia ini menjadi sarana agar dapat meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidup lansia melalui upaya promotif, preventif termasuk deteksi dini.

"Ini juga untuk pemberdayaan potensi lansia oleh kader posyandu yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan," kata Wali Kota Arief di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat.

Sementara itu Peringatan Puncak Peringatan Hari Lanjut Lansia Nasional (HLUN) tingkat Kota Tangerang ke-27 dilaksanakan secara daring dan luring dengan tema "Keluarga Hebat, Caregiver Bersahabat, Lansia SMART".

Wali Kota juga menjelaskan beberapa fasilitas pelayanan kesehatan ramah lansia yang ada di Kota Tangerang, di antaranya RSUD dengan pelayanan Geriatri untuk pelayanan lansia tanpa antri, keberadaan 26 Puskesmas Ramah Lansia dan 421 Posyandu Lansia aktif yang tersebar di 104 kelurahan.

"Keberadaan Posyandu Lansia ini menjadi sarana agar dapat meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidup lansia melalui upaya promotif, preventif termasuk deteksi dini serta pemberdayaan potensi lansia oleh kader Posyandu yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan," ujarnya.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, mengungkapkan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan, kepedulian dan edukasi baik keluarga dan masyarakat dalam upaya kesehatan Lansia di Kota Tangerang.

"Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas lansia, serta kesejahteraan lansia agar tetap semangat di masa tua menjadi lansia yang SMART yaitu Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif," katanya.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023