Aktris dan penyanyi berkebangsaan Jerman Cinta Laura memberikan edukasi kepada masyarakat soal pentingnya pendidikan bagi kemajuan sebuah negara.

Hal itu diungkapkan Cinta Laura saat menjadi narasumber pada seminar pendidikan yang digelar Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Village, Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (31/5).

Dalam seminar yang bertemakan “Be Educated to be Empowered” itu ia menegaskan, kemampuan untuk berpikir adalah kunci paling penting dari pendidikan. 

Ia mengingatkan bahwa apa yang disampaikan oleh guru ketika belajar yang terpenting adalah kemampuan untuk berpikir secara efisien. 

“Tolak ukur kepintaran di negara kita juga harus didefinisikan ulang, seseorang memiliki bakat yang sesuai dengan kemampuannya, tetapi matriks yang ada membuat seseorang tidak dapat selalu maksimal di bagian yang ia kerjakan” kata Cinta.

Lebih lanjut ia mengemukakan, polarisasi yang terjadi di Indonesia karena banyak dari masyarakat yang kurang melakukan cross-check informasi, sehingga tidak dapat membedakan subjektifitas dan objektifitas. Berpikir secara kritis adalah kunci untuk dapat beradaptasi dengan dunia. 

“Selain itu, Pendidikan memberikan kita kepercayaan diri dan bisa membangun opini sendiri. Pendidikan bukan hanya ingat pelajaran sekolah maupun kuliah. Akan tetapi, pendidikan adalah soal bagaimana bisa mengaplikasikan atau mengimplementasikan kepada bidang pekerjaan, bisnis,” lanjut Cinta 

Oleh karena itu, pendidikan merupakan bentuk investasi untuk diri sendiri, keluarga, bahkan akan bisa lebih penting jika berguna untuk masa depan negara.

Ia berharap, dengan adanya edukasi ini bisa menjadikan bekal, agar dapat menjadi bagian untuk meningkatkan angka pendidikan di Indonesia. 

Sementara itu narasumber Guru Sekolah Pelita Harapan, Lea Setyaningrum memaparkan edukasi sangat diperlukan agar berdaya mengenai pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Pendidikan menjadi kunci dalam memajukan negara. 

"Pendidikan memberikan kepercayaan diri dan karena pendidikan membuat kita menjadi seseorang yang adaptif,” kata Lea Setyaningrum.

Lebih lanjut ia mengatakan, kemampuan untuk mencerna berbagai macam pandangan dari berbagai sumber yang berbeda adalah salah satu kelebihan dari edukasi. 

“Pendidikan itu sebuah investasi. Bukan hanya untuk masa depan, keluarga, melainkan untuk negara,” katanya.


 

Pewarta: Daud Jhon / Sintia Dini

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023