Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah atau DPKD Kabupaten Serang menargetkan mampu mewakili Provinsi Banten ke tingkat nasional untuk lomba bercerita atau mendongeng anak tingkat sekolah dasar atau SD tahun 2023 yang akan digelar Perpustakaan Nasional atau Perpusnas Republik Indonesia Tahun 2023.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran membaca pada DPKD Kabupaten Serang Andi Suriati mengatakan untuk mengejar target tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar lomba bercerita atau mendongeng untuk anak SD tingkat Kabupaten Serang. Adapun untuk syarat pesertanya  maksimal kelas 5 sekolah dasar. 

”Untuk pelaksanaannya pada tanggal 15 Juni 2023 mendatang yang diikuti sebanyak 30 peserta dari 29 kecamatan se Kabupaten Serang yang akan dipilih untuk juara satu, dua dan juara tiga dan untuk dewan juri dari duta baca Banten, Putri dongeng dan komunitas kampung dongeng,” ujar Andi usai technical meeting lomba bercerita atau mendongeng di halaman Kantor DPKD Kabupaten Serang pada Selasa (30/5/2023).

Andi menjelaskan untuk juara 1, 2 dan 3 akan mengikuti kembali ketingkat Provinsi Banten sampai tingkat nasional yang setiap tahun di gelar Perpustakaan Nasional atau Perpusnas Republik Indonesia. 

”Kita menargetkan bisa mewakili Provinsi Banten ke tingkat nasional, itu luar biasa,” ucapnya.

Andi mengungkapkan, lomba bercerita atau mendongeng digelar dalam rangka meningkatkan minat baca anak-anak Kabupaten Serang dan untuk pembudayaan gemar membaca. 

Seperti diketahui lanjut Andi, untuk saat ini anak-anak lebih suka bermain gadget, jadi bagaimana caranya bisa mengalihkan kebiasaan anak-anak umumnya bermain gadget untuk meningkatkan minat baca.

”Itu kita terapkan di sekolah-sekolah, kita selalu ada sosialisasi bagaimana caranya sebelum masuk kegiatan belajar mengajar ada semacam literasi supaya refresh sebelum memasuki mata pelajaran,” tuturnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023