Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman menyebutkan Kota Tangerang mempunyai potensi besar untuk menarik investor ke daerah itu seperti posisi strategis dan adanya penataan kawasan.

"Banyak potensi yang perlu dikembangkan dan ditata lebih baik lagi, sehingga semakin menarik para investor dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Herman dalam keterangannya di Puspemkot Tangerang, Banten, Senin.

Herman menekankan pentingnya Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas PUPR tersebut untuk memastikan agar prinsip pembangunan berkelanjutan di Kota Tangerang ini bisa berjalan sesuai kaidah perundang-undangan dan kajian lingkungan yang tepat.

“Melalui forum konsultasi publik, diharapkan mampu menghasilkan RDTR yang sesuai prioritas dan sasaran pembangunan berkelanjutan di masa mendatang,” kata Sekda.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, pihaknya melibatkan peran aktif masyarakat dalam Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Keterlibatan peran aktif masyarakat ini sesuai PP Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan KLHS. Kami juga libatkan akademisi, BUMD, tokoh masyarakat serta Lembaga Swadaya Masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, Dinas PUPR pun mengajak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI serta dari Dinas LHK Provinsi Banten untuk ikut membantu dalam penyusunan kajian.

"Sehingga target yang diharapkan bisa tercapai dan berbagai potensi yang ada di Kota Tangerang bisa tergali dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023