Ratusan stand bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meramaikan acara hari jadi Kabupaten Pandeglang yang ke-149 di alun-alun daerah itu dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, Sabtu.

Festival UMKM dan Bazar Ramadhan itu bertemakan 'Akselerasi Menuju Pandeglang Maju' yang digelar bertepatan pada Ramadhan 1444 H yaitu dari 1 hingga 8 April 2023.

Salah satu pengurus pengrajin, Afrizal Kurniawan saat menjaga stand tersebut mengatakan, Komunitas Saung Lidi Pandeglang bersama Fakultas Hukum CS02 Universitas Sutomo Serang, antusias mengikuti acara tersebut untuk meramaikan sekaligus memperkenalkan produk-produk kerajinan yang dikelola bersama komunitasnya.

"Keikutsertaan ini untuk memperkenalkan produk kerajinan yang kita kelola dari Komunitas Saung Lidi bersama Fakultas Hukum Universitas Sutomo Serang," kata Afrizal.

Ia menjelaskan, macam produk kerajinan yang dikelolanya itu merupakan dari bahan baku lidi. Diantaranya bentuk anyaman seperti piring, nampan, sangku, kotak tisu, vas bunga, keranjang buah hingga lampu hias dan lain sebagainya.

"Saat ini ada 25 jenis produk yang bisa dibuat dan kita lakukan pembinaan kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan pula untuk sementara harga barang-barang hasil produksinya mulai dari Rp8 ribu hingga Rp200 ribu tergantung bentuk dan kerumitan dalam pembuatan. 

"Jika ada yang ingin memesan kerajinan tangan dari lidi buatan kita, bisa langsung menghubungi di nomor 083866813525," kata Afrizal.

Sementara Bidang kemahasiswaan Universitas Sutumo Serang, Banten, Suci Kusumawardhani mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswanya tersebut dalam melakukan hal yang positif. Hal itu menurutnya merupakan wujud nyata peran mahasiswa dalam berkontribusi untuk mendorong perekonomian masyarakat.

"Program kreativitas mahasiswa merupakan barometer kualitas perguruan tinggi. Sehingga kemampuan akademis dan profesionalisme mahasiswa Unsut Serang dapat berperan dalam perekonomian masyarakat," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut membawa manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat dibawah binaan Komunitas Saung Lidi. Dalam hal ini, menurutnya merupakan wujud nyata peran mahasiswa yang berkontribusi dan mendorong perekonomian masyarakat.

"Kreativitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan ini merupakan salah satu barometer kualitas dari perguruan tinggi. Disamping itu juga mempunyai kemampuan secara akademik, mereka pun diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan," katanya.

Universitas Sutomo atau Unsut merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Jalan Raya Jakarta Km 5 No.6, Kalodran, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten yang berada dalam satu naungan dengan Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang yaitu Yayasan Sasmita Jaya.
 

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023