Mendekati pelaksanaan Pilkada Banten 2024, Polda Banten terus meningkatkan intensitas latihan untuk pengamanan tahapan Pemilu dengan menggelar gladi simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) di Halaman Mapolda Banten, Senin (13/3/2023).

Ratusan anggota Polri di jajaran Sat brimob Polda Banten ambil bagian dalam gladi pengamanan Pemilu yang terdiri atas tiga tahapan, yakni kampanye, pemungutan suara dan perhitungan suara.

Gladi yang dipandu Kabagops Satbrimob Polda Banten AKBP Maya Heni H  tersebut dimulai dari pengamanan prakampanye terbuka, pengamanan kampanye, termasuk pengawalan juru kampanye. 

Kabagops Satbrimob Polda Banten AKBP Maya Heni H mengatakan, pada saat perhitungan, pengamanan dititikberatkan pada proses perhitungan dan dampak adanya ketidakpuasan para pendukung salah satu peserta atas hasil Pemilu. 

Dalam latihan itu digelar pengamanan gabungan aksi unjukrasa dengan melibatkan personel pengendalian masa (Dalmas), Samapta, Pasukan Bermotor, Polwan,  hingga anjing pengusir massa.

"Pengamanan gabungan diantaranya dari personel Satbrimob Polda Banten bersama Sabara. Latihan Parsial tersebut digelar untuk persiapan pengamanan Pilkada 2024 Utamanya, melatih anggota kepolisian agar tahu proses tahapan Pemilu," ungkapnya.

Maya menyebut untuk jumlah personil yang ikut pada gladi tersebut sebanyak 700 personil.

Menurut Maya saat ini, adanya kemajuan teknologi media sosial, mengantisipasi berita hoaks dan bahkan sekarang sudah muncul perang politik di media sosial.

"Harapannya bahwa anggota kami tahu dan mampu melaksanakan pengamanan Pemilu Pilkada 2024 dan mengamankan kota itu sendiri, agar Pemilu berjalan lancar, jujur dan adil," harapnya.

Rencananya simulasi resmi akan digelar Jumat (17/3) besok. Simulasi itu akan dihadiri jajaran Forkompinda Banten.


 

Pewarta: Weli

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023