Tangerang (Antara News) - Tempat wisata biasanya identik dengan pantai dan gunung. Namun, untuk di Kota Tangerang yang dikenal sebagai kota industri jasa, ada beberapa lokasi yang menjadi tempat wisata religi.

Sebut saja Masjid Kali Pasir yang berada dipinggir bantaran Sungai Cisadane dan tertua di Kota Tangerang. Masjid peninggalan kerajaan Pajajaran tersebut, berada di tengah pemukiman warga tionghoa. Bangunan bercorak cina tersebut memiliki arti mengenai kerukunan umat beragama. Karena, masjid tersebut berdiri berdekatan dengan Klenteng Boen Tek Bio

Kemudian Masjid Raya Al Azom yang berada persis di samping Puspemkot Tangerang. Masjid dengan lima kubah besar tersebut, telah menjadi Landmark Kota Tangerang. Gaya Arsitektur timur tengah sangat menonjol pada masjid yang mampu menampung 15 ribu jamaah serta menyediakan lahan parkir seluas 14 ribu meter persegi.

Jika memasuki area dalam masjid, jamaah akan terpesona dengan tulisan kaligrafi yang berada di sisi empat kubah. Ayat-ayat tersebut disusun secara tiga baris sementara baris keempat di masing-masing kubah diisi dengan Asmaul Husna. Kini, Masjid Al Azom telah menjadi pusat kegiatan islami warga Kota Tangerang seperti majelis taklim, Kultum sehabis shalat fardu, pengkajian Al Quran hingga Festival Al Azhom.

Lalu ada Kelenteng Boen Tek Bio Tangerang yang diperkirakan berusia lebih dari tiga abad.

Klenteng ini merupakan terbesar bersama dengan Kelenteng Boen Hay Bio dan Kelenteng Boen San Bio. Kayu yang digunakan dalam klenteng ini diperkirakan telah dibuat sejak lama. Biasanya, upacara yang paling ditunggu dan mampu menarik wisatawan adalah Upacara Gotong Toapekong yang diarak mengelilingi Pasar Lama dan dihadiri perwakilan seluruh kelenteng di Indonesia.

Kemudian Masjid Agung Al-Itihad Kota Tangerang di Jalan Kisamaun. Masjid yang memiliki banyak sejarah ini, dulunya adalah kantor polisi Tangerang. Lalu ada perubahan oleh Pemda Tangerang hingga berubah dan kini dilakukan renovasi oleh Pemkot Tangerang.

Lainnya adalah kegiatan Festival Al-Azhom yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tangerang. Kegiatan bernuansa islam ini sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya Islam dan  memberikan ruang bagi masyarakat dalam menampilkan segala kreativitas, inovasi melalui karya, bakat hingga produk-produk dari Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang terus melakukan promosi dan peningkatan lokasi wisata dalam menarik pengunjung. Apalagi, di Kota Tangerang terdapat Bandara Soekarno - Hatta dan akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean. Ditambah lagi jumlah pekerja asing yang datang terus bertambah.

Ini menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar kota tangerang. Apalagi, saat momentum atau peringatan hari besar, kegiatan yang dilaksanakan oleh tempat ibadah atau lainnya sangat menarik pengunjung.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015