Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) Polda Banten menggelar rapat koordinasi awal lintas sektoral dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat 2023 di ruang rapat Birorena Polda Banten di Serang, Kamis.

Rapat koordinasi permulaan persiapan Operasi Ketupat 2023 tersebut dihadiri Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah, Kadishub Provinsi Banten Tri Nurtopo, Kepala BPTD Wil VIII Banten, GM PT. ASDP Indonesia Ferry dan PT. Pelindo serta instansi terkait.

Baca juga: Polda Banten selesaikan 924 kasus kamtibmas sepanjang 2022

"Rapat ini merupakan langkah awal persiapan menyambut Operasi Ketupat 2023," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol. Firman Darmansyah.

Firman mengatakan, semua pihak terkait dan masyarakat agar dapat mengantisipasi cuaca buruk dan bencana alam, serta lonjakan pergerakan orang pada saat mudik dan wisata. "

Agar diantisipasi cuaca buruk serta meningkatnya pelanggaran lalu lintas pada saat mudik," kata Firman.

Firman memprediksi arus puncak mudik akan terjadi mulai H-4 sampai dengan H-1 dan arus balik mulai H+3 sampai dengan H+6.

"Untuk itu agar para stakeholder terkait dapat berkoordinasi untuk menyiapkan sarana prasarana pospam dan pos pelayanan yang baik pada jalur tol dan arteri," katanya.

Selanjutnya, kata Firman, agar juga mengantisipasi kendaraan yang mogok dan kehabisan BBM di jalur-jalur rawan kemacetan.

"Siapkan langkah pelayanan persediaan BBM apabila terjadi kraudit atau kemacetan," ucap Firman.

Pihaknya juga akan melaksanakan inspeksi jalur menuju pelaburan alternatif, agar tidak ada kendala pada waktu pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

"Antisipasi lonjakan kendaraan dikarenakan mudik tahun ini berbeda dari mudik tahun sebelumnya. Kami juga akan perkuat personel baik pada jalur tol dan jalur arteri," kata Firman.

Pada kesempatan ini Firman juga meminta langkah-langkah rekayasa lalu lintas dan cara bertindak agar menjadi satu persepsi yang sama antara 'stakeholder' terkait.

"Tidak ada yang berdiri sendiri, kita satukan visi dan misi demi kelancaran Operasi Ketupat atau operasi kemanusiaan ini," katanya.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023