Masyarakat Kabupaten Lebak, Banten diminta waspada hujan lebat disertai angin kencang pada dini hari karena berpotensi menimbulkan bencana banjir dan longsor.
 
"Kita berharap warga yang tinggal di bantaran aliran sungai juga pegunungan dan perbukitan meningkatkan waspada cuaca buruk itu,"kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faisal di Lebak, Rabu.

Baca juga: Politisi PPP Musa Weliansyah ajak generasi muda mandiri atasi kemiskinan ekstrem
 
Peringatan kewaspadaan bencana alam tersebut karena berdasarkan laporan BMKG curah hujan intensitas lebat disertai angin kencang berpeluang di wilayah Kabupaten Lebak.
 
Potensi cuaca buruk terjadi pada Kamis (22/2) dini hari atau sore dan bisa menimbulkan banjir dan longsor.
 
Bahkan, curah hujan lebat disertai angin kencang terjadi Rabu (21/2) pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB.
 
Karena itu, masyarakat Kabupaten Lebak agar meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.
 
Meski cuaca buruk terjadi sejak awal tahun 2023 hingga kini tidak menyebabkan bencana alam, namun masyarakat tetap waspada dampak curah hujan lebat disertai angin kencang.
 
"Kami sudah menyampaikan ke aparatur kecamatan, desa dan kelurahan untuk mengantisipasi bencana alam akibat cuaca buruk itu," kata Agust.
 
Menurut dia, sebagian besar dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak masuk daerah rawan bencana alam, karena banyak terdapat aliran sungai dan perbukitan, pegunungan serta pesisir pantai Laut Selatan.
 
Potensi bencana alam yang kerapkali terjadi banjir, longsor, angin puting beliung dan banjir rob.
 
Pengalaman bencana alam awal tahun 2020 wilayah Kabupaten Lebak pada dini hari dilanda hujan lebat disertai angin kencang hingga menimbulkan korban jiwa dan ribuan warga mengungsi.
 
Dengan demikian, masyarakat harus siaga menghadapi cuaca buruk tersebut agar tidak menyebabkan kerusakan lebih besar hingga menimbulkan korban jiwa.
 
"Kami minta warga melakukan pengamanan pada dini hari dan jika hujan lebat disertai angin kencang lebih dari 2,5 jam, sebaiknya mengungsi ke lokasi yang lebih aman," katanya.*

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023