Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, memberikan kemudahan dalam penerbitan surat keterangan asal dalam mendukung kegiatan ekspor serta pendampingan bagi eksportir baru di Kota Tangerang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Kamis, mengatakan adanya peningkatan sebesar 85,77 persen dalam penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Disbudpar Kota Tangerang libatkan pelaku pariwisata susun Resntra 2024-2026

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Indagkop) selama tahun 2022 selaku Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA), kata dia, telah menerbitkan sebanyak 27.353 SKA. Sementara pada tahun 2021 SKA yang diterbitkan sebanyak 14.724 surat.

"Ada peningkatan dalam jumlah SKA yang dikeluarkan. Ini membuktikan adanya kemudahan dan peningkatan produk Kota Tangerang," kata Herman dalam acara Sosialisasi Kelola Tertib Administrasi Ekspor E-SKA Versi 2 di Serpong, Banten. 

Atas capaian tersebut Pemkot Tangerang memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada sejumlah perusahaan asal Kota Tangerang yang telah sukses melakukan ekspor produk unggulan ke berbagai negara.

Penghargaan diberikan kepada 10 pelaku usaha dan jasa eksportir yang mencatatkan hasil optimal selama tahun 2022. "Yang penting kualitas produknya terus dijaga supaya ekspornya bisa berkelanjutan," kata Herman.

Sebagai informasi tiga kategori dalam piagam penghargaan yang diberikan kepada 10 pelaku usaha dan jasa eksportir, diantaranya perusahaan dengan Surat Permohonan Formulir Ekspor terbanyak pada tahun 2022 kepada empat perusahaan, Perusahaan Ekspor dengan Merk Internasional sebanyak dua perusahaan dan Pelaku Jasa Ekspor/ Forwarder Terbaik Tahun 2022 sebanyak empat perusahaan.

"Semoga menjadi penyemangat dan motivasi agar semua bisa ekspor barang dengan kualitas terbaik," kata Sekda Herman.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023