Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa berharap para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dan memasuki masa purna tugas atau Batas Usia Pensiun (BUP) pada 2022 dan 2023 harus tetap produktif mengabdi kepada masyarakat.

“Saya harapkan walaupun mereka pensiun dari ASN tetap meyakini diri masih punya kemampuan dan masih produktif untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Pandji usai Penyerahan SK Penetapan Pensiun dan Pembekalan Pra Pensiun bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang Tahun 2022 yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Aula Tb. Suwandi, Senin (19/12).

Menurut Pandji para ASN yang sudah pensiun harus memberikan pengabdian kepada masyarakat baik itu pada bidang sosial, ekonomi, keagamaan, sehingga yang terpenting tidak pakem pada aktivitas. 

Karena jika sebelumnya disibukkan dengan pekerjaan bahkan bisa memecahkan berbagai persoalan namun saat pensiunotak terhenti untuk berfikir. 

“Kalau otaknya berhenti total itu akan berimplikasi buruk terhadap kejiwaan seseorang, bingung, bimbang seperti kehilangan harapan,” katanya.

Oleh karenanya, Pandji berharap bagi para ASN yang sudah purna tugas agar tetap dalam gairah hidup dengan tetap beraktivitas. Karena melakukan pengabdian bukan hanya sebagai ASN tapi bisa juga di bidang perekonomian, sosial, pengurus cabang olah raga atau TP PKK, asalkan tidak boleh total menghentikan kerja otaknya. 

“Karena kalau otak nya total berhenti itu akan berimplikasi buruk kepada fisik lainnya, karena sentralnya ada di otak, bekerja saja apapun yang penting otak bisa bekerja,” ucapnya.

“Tetap berkarya di bidang apapun, kalau sekarang kita hanya mampu memberikan pelayanan pertanian tapi bukan berarti kita menjadi petani, silahkan dengan selera masing-masing. Mau berdagang, aktivitas non profit, yang penting mereka aktivitas,” ujar Pandji. 

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman mengatakan untuk saat ini pihaknya menyerahkan SK kepada 100 orang, 80 orang diantaranya yakni para guru dan sisanya camat dan administrasi, kepala bidang (kabid) dan lainnya. 

Kata dia, sampai dengan Agustus 2022 pihaknya sudah mencetak purna tugas bagi para ASN hampir 200 orang. 

“Nanti mudah-mudahan kita dapat dukungan untuk kegiatan berikutnya di triwulan pertama 2023,” ujarnya. 

Surtaman berharap, BKPSDM  menyelenggarakan kegiatan tersebut meski tidak seberapa tetapi bertujuan untuk memberikan motivasi. 

“Kata pak wakil persiapan untuk menjadi pengabdi di masyarakat. Harapannya juga para pensiunan ASN Kabupaten Serang menebar kebahagiaan di masyarakat,” ucapnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022