Tangerang (Antara News) - Tingginya minat masyarakat untuk berolahraga dan bersepeda di akhir pekan, membuat sejumlah titik jalan selalu dipenuhi warga mulai dari anak - anak hingga orang tua yang berbaur menjadi satu.

Kecamatan Cibodas yang memiliki lokasi Car Free Day di Jalan Pandan Raya dan Jalan Beringin Raya, harus menguras otak seiring terus meningkatnya minat warga untuk berolahraga. Maka itu, penambahan titik Car Free Day pun menjadi salah satu program yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Camat Cibodas, Boyke Syafei mengatakan, minat warga yang berolahraga setiap akhir pekan terus mengalami peningkatan. Mulai dari jalan sehat, hingga bersepeda. Hal ini pun mendapat sambutan positif dari Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah yang mengajak warga menjadi Smart People atau masyarakat cerdas sebagai modal dasar bagi sebuah kota untuk menjadi smart city.

"Warga sudah menjadikan jalan raya sebagai arena berolahraga. Bahkan, halaman ruko dan perkantoran pun menjadi sasarannya. Begitu tinggi minat warga dalam berolahraga. Kecamatan Cibodas siap menyediakan sarana dan prasarananya," ujarnya.

Sekretaris Camat Cibodas, Nurul Huda, penambahan lokasi Car Free Day nantinya pun akan melihat segi dampak lingkungan seperti sampah karena kerumunan warga di suatu tempat telah mengundang pedagang datang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, program Car Free Day nantinya akan juga dilakukan operasi bersih - bersih dengan melibatkan semua pihak, dari warga hingga pedagang. Sehingga, lokasi car free day akan bersih usai berolahraga dan tak menimbulkan gunungan sampah.

Pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan agar nantinya kegiatan operasi bersih bisa di fokuskan pada satu titik dan bergilir ke wilayah lainnya setiap akhir pekan. Dengan demikian, program tersebut mendorong masyarakat untuk menjaga lingkungannya serta perwujudan dalam smart environment atau lingkungan cerdas.

Sebab, membangun suatu daerah tak hanya dilakukan oleh Pemerintah Daerah saja tetapi juga harus ada keterlibatan masyarakat. Sejumlah program pun telah dilakukan dalam membentuk masyarakat yang terampil dan kreatif seperti halnya melalui Komunitas Kampung Bersih. Lalu, kampung hijau yang dikembangkan oleh BPLH berbasis di tingkat RT/RW

Apalagi, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, melalui gerakan Tangerang Ayo, mengajak warga untuk berperan aktif membangun wilayahnya dari membentuk komunitas. Ada banyak program yang ditawarkan seperti Kampung Bersih, Kampung Kreatif, Kampung Hijau, Kampung Bersih Narkoba, Kampung Produktif, Kampung Aman, Kampung Terang hingga Kampung Cerdas.

"Melalui car free day, kita juga sosialisasikan kepada warga mengenai program pemkot dan mendorong terciptanya komunitas masyarakat yang peduli kebersihan melalui program yang disiapkan. Nantinya, Pemkot Tangerang melalui kecamatan dan kelurahan akan membantu memfasilitasinya" katanya.

Nurul menambahkan, Kecamatan Cibodas pun telah berkoordinasi dengan Danramil untuk mendukung program tersebut. Bahkan, TNI yang bersinergi melalui program kampung tertib dan aman yakni Rumah Tiga Pilar, siap ikut serta.

"Pihak TNI siap ikut serta dan membaur bersama masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat berolahraga dan lingkungan menjadi bersih serta aman," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015