Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut memantau pergerakan situasi kapal perang asing yang memasuki wilayah Perairan Selat Sunda bagian utara dan selatan Banten di Pos Pulau Sangiang, Kabupaten SerangSerang, Provinsi Banten. 
 
"Semua personel di Pos Sangiang itu melakukan pemantauan kapal perang dan kapal asing itu," kata Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL) Laksamana Yudo Margono di Lebak, Jumat. 

Baca juga: KSAL: Bakti sosial di Kabupaten Lebak sesuai permintaan pemerintah daerah
 
Untuk wilayah maritim Perairan Selat Sunda bagian utara dan selatan Banten tentu menjadikan pengamanan personel dari Pangkalan Angkatan Laut ( Lanal) Merak. 
 
Sebab, wilayah Perairan Maritim Selat Sunda bagian utara dan selatan Banten merupakan jalur kapal perang dan kapal asing sehingga perlu mendapatkan pengawasan khusus. 
 
"Kita menempatkan personel di Pos Sangiang untuk melakukan pemantauan situasi pergerakan kapal perang dan kapal asing yang masuk wilayah Indonesia," katanya menjelaskan. 
 
Menurut dia, personel TNI AL di Pos Pulau Sangiang itu, mereka setiap hari melaporkan hasil pemantauan kapal perang dan kapal asing tersebut. 
 
Selama ini, kata dia, Perairan Maritim Banten sebagai jalur kapal perang dan kapal asing. 
 
"Kita setiap hari melakukan pemantauan kapal perang dan kapal asing yang masuk wilayah Indonesia," katanya.
 
Laksamana Yudo mengatakan pihaknya ke depan akan membangun pasukan Batalyon Marinir Pertahanan Pantai di Banten. 
 
Pendirian satuan Batalyon Marinir itu untuk memperkuat pengamanan wilayah Banten. 
 
Namun, pasukan Batalyon Marinir Pertahanan Pantai itu belum ditentukan lokasinya. 
 
"Kami tentu akan berkoordinasi dengan Gubernur Banten untuk pembangunan Baru Marinir Pertahanan Pantai itu," kata Laksamana Yudo. 
 
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022