Sebanyak 65 desa di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menggelar pemilihan kepala desa atau pilkades secara serentak 13 November 2022 di 28 kecamatan. 
 
"Kami berharap pilkades berjalan lancar, tertib dan aman," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Lebak, Minggu. 

Baca juga: Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto apresiasi pilkades di Lebak aman
 
Pelaksanaan pilkades di Kabupaten Lebak hingga kini berjalan dengan baik. 
 
Masyarakat yang menggunakan hak pilihnya cukup antusias dan tidak terjadi penumpukan maupun kerumunan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, sebab sekarang bilik pencoblosan diselenggarakan di tingkat Rukun Warga (RW). 
 
Pelaksanaan pilkades diminta lebih berkualitas dan tidak ada lagi politik uang maupun paksaan. 
 
Masyarakat memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing berdasarkan pilihannya agar lima tahun ke depan desanya menjadi lebih baik. 
 
"Kami berharap pilkades berkualitas dan calon terpilih dapat membangun desa menjadi lebih baik," katanya menjelaskan.
 
Bupati mengatakan, pilkades serentak yang merupakan pesta demokrasi di tingkat desa, semoga pelaksanaan berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. 
 
Mereka petugas pengamanan di lapangan nanti agar mengutamakan upaya-upaya persuasif.
 
Masalah dan konflik yang mungkin timbul hendaklah diselesaikan dengan cara-cara persuasif, sehingga diharapkan tidak timbul masalah baru dikemudian hari. 
 
Selain itu rekan-rekan aparat keamanan diharapkan dapat melakukan tindakan preventif terhadap potensi-potensi konflik dan masalah.
 
'Kami juga bersama-sama dengan panitia pilkades harus dapat menjaga netralitas, objektifitas, dan transparansi dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022