DPRD Kota Serang telah membentuk panitia khusus (Pansus) terkait Raperda tentang  Perpustakaan. Pembentukan Pansus tersebut dilakukan melalui rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Serang, Kamis (20/10).

Wakil Ketua DPRD Kota Serang Roni Alfanto mengatakan, Raperda tentang Perputakaan diperlukan untuk mendorong penataan sarana dan prasarana perpustakaan di Kota Serang.

Baca juga: Rapat paripurna DPRD Kota Serang tanggapan walikota terkait Raperda tentang Perpustakan

Apalagi, kata dia, Pemkot Serang sekarang telah membangun gedung untuk menunjang indek literasi di Ibukota Provinsi Banten.

"Gedung sudah kita siapkan, makanya kita dorong agar minat baca masyarakat terus meningkat," katanya usai sidang paripurna.

Wali Kota Serang,  syafrudin menyatakan  literasi sangatlah penting. Sebab dengan budaya membaca akan meningkatkan sumber daya manusia.

"Literasi sangat penting agar budaya membaca masyarakat semakin meningkat karena dari situ masyarakat akan mendapatkan wawasan," katanya

Ia juga menyatakan, sarana dan prasarana perpustakaan telah disiapkan masyarakat. Selain gedung utama yang sedang dibangun, masyarakat Kota Serang juga aktif membuat perpustakaan secara swadaya.

"Adanya Perda Perpustakaan untuk memberikan legalitas penyelenggaraannya  agar semua berjalan baik," katanya.

Menurutnya, membangun literasi menjadi tantangan semua pihak. Perhatian atas sarana dan prasarana harus menjadi prioritas.

"Perpustakaan sebagai bagian penting membentuk budaya literasi harus dapat diakses secara baik oleh semua masyarakat," katanya.

Pewarta: Abu Mujib

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022