Badan Narkotika Nasional Kota Cilegon membentuk Kelompok Lingkungan di Kampung Bersih Narkoba Kelurahan Panggungrawi, Kota Cilegon.

Humas BNNK Cilegon Iqbal Fahmi menjelaskan dalam penyalahgunaan narkoba pelaku dan korban merupakan masyarakat sehingga pencegahan dan mitigasi penyalahgunaan narkoba harus dilakukan dari level bawah yaitu masyarakat.

"Kelompok Lingkungan ini kita bentuk untuk mulai mendata penyalahgunaan narkoba di wilayah nya. Kenapa dibentuk kelompok lingkungan, karena pelaku penyalahgunaan maupun korban itu kan dari masyarakat, karenanya pencegahan dan mitigasi penyalahgunaan harus dilakukan dari tingkat bawah. Daripada nantinya tertangkap tangan, lebih baik ada upaya pencegahan terlebih dahulu. Siapa yang mencegah? masyarakat itu sendiri," kata Iqbal.


Untuk itu dalam rangka sinergitas dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI),Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Intansi Vertikal, BNN Kota Cilegon membentuk Kelompok Lingkungan di Kelurahan Panggung Rawi agar menjadi percontohan dalam Kampung Bersih Narkoba (Bersinar).



Lurah Panggung Rawi, Agustini Hermawati, mengatakan, Kegiatan Kampung Bersinar pada Kelurahan Panggung Rawi ini merupakan kerjasama dari lintas sektor terkait bersih narkoba. 

"Panggung rawi dengan penduduk  beragam baik itu penduduk asli atau pendatang, kontrakan atau bedeng yanv tersebar, perlu komitmen dari semua pihak agar bisa menjaga lingkungan nya dari narkoba, dan hal hal  lain yang bisa merusak generasi bangsa," kata Agustini.


Selain itu, Agustini berharap dengan di resmikanya Kampung Bersinar pada Kelurahan Panggung Rawi akan menjadi titik sentral dalam mencegah penyalagunaan narkoba pada masyarakat Kelurahan Panggung Rawi. 

"Saya berharap dengan di lakukanya penandatanganan Kampung Bersinar pada Kelurahan Panggung Rawi ini masyarakat Panggung Rawi dan peran stkeholder yang ada di lingkungan Kelurahan Panggung Rawi ini konsen dalam menangani penyala gunaan narkoba," harapnya.


Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon,Sanuji Pentamarta mengatakan, dalam peresmian Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) di Kelurahan Panggungrawi kata dia ini merupakan sebagai percontohan di 43 kelurahan yang ada di Kota Cilegon. 

"Katanya pamggung rawi percontohan untuk rehabilitasi tingkat Kota. Sehingga nantinya Kelurahan Panggung Rawi menjadi contohan rehabilitasi tingkat Kota," ujar Sanuji saat di temui di Kelurahan Panggungrawi. 

"Iyah karena mungkin agak berat juga beban di masyarakat. Beban Narkoba begitu sulit di cari anak anak mereka perlu mensadarkan kepada anak anaknya," imbuhnya.


Selain itu, Sanuji juga meminta kepada keluarga dan para ulama agar sama sama berkolaborasi dalam memperkuat pemuda pemuda di Kelurahan Panggungrawi agar berperan aktif dalam pencegahan kampung Bersinar di tingkat Kelurahan Panggungrawi. 

"Penting banget nih keluarga para ulama turun. Keluarga keluarga di perkuat pemuda pemuda di cegah,masjid majlis taklim lembaga keagamaan di libatkan untuk menjaga keluarga dan anak anak," ujarnya.


Sanuji menegaskan untuk aparat penegak hukum segera memberantas pada pengedaran Narkoba di tingkat kelurahan Panggungrawi umumnya pada tingkat Kota Cilegon. 

"Yang berat berat saya minta untuk aparat lindungi banget masyarakat dari yang pengedar dan pengeplosan Narkoba aparat untuk bisa menghadapinya,"terangnya. 

"Seperti yang sudah sakit di rawat dengan pemulihan iyah. Bisa di pulihkan bisa sembuh.Artinya harus multi pendekatan multi organisasi melibatkan anak anak kita dalam mencegah pengedaran Narkoba di Kelurahan Panggung Rawi,"pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua LPM Panggungrawi Amirudin mengatakan, dengan di resmikanya kampung Bersinar ini tentu pihaknya mengapresiasi kepada Pemkot Cilegon. Khususnya pada tingkat Kelurahan Panggung Kecamatan Jombang. 

"Saya atas nama Ketua LPM Panggungrawi mengapresuasi atas diresmikanya Kampung Bersinar pada Kelurahan Panggung Rawi. Tentu ini menjadi konsentrasi kita sebagai wadah pemuda dalam bersinergis mencegah penanganan Narkoba pada lingkungan Kelurahan Panggung Rawi,"pungkasnya. 

Diketahui, kegiatan Kampung Bersinar pada Kelurahan Panggung Rawi ini bekerjasama dengan Kepolisian, BNN, Kodim dll menjadi mitra dari kegiatan hari ini.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022