Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyebutkan pengembangan ekonomi berbasis syariah dinilai dapat memperkuat industri halal di wilayahnya itu.

"Kami juga berharap ekonomi syariah serta menjadi promotor cikal bakal penguatan kiprah industri halal yang berdaya saing," ucap Muktabar di Serang, Senin.

Baca juga: Pj Gubernur Banten dukung budidaya serai wangi di Tangerang

Ia mengatakan, sistem perekonomian yang telah membuahkan sebuah peradaban dunia hingga saat ini, sehingga banyak hal yang dapat dipelajari dan menjadi langkah dalam perkembangan serta pemulihan ekonomi.

Ia juga menuturkan dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa saat ini dunia tengah dihadapi oleh tiga persoalan, yakni persoalan pangan, energi dan ekonomi atau keuangan.

"Dari persoalan yang dihadapi itu kita diharapkan untuk dapat arif dan bijaksana dalam menyikapinya. Saat ini juga kita dihadapkan dengan salah satu indikator ekonomi yakni inflasi," tuturnya.

Kendati demikian, Pemprov Banten bersama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten telah melakukan beberapa langkah pengendalian tatanan ekonomi yang baik dan berjenjang pada sistem ekonomi nasional.

"Kita yakin dengan bersama-sama akan dapat menyelesaikan apa yang menjadi hambatan, dan kita akan merubah dari suatu problem menjadi sebuah peluang," ungkapnya.

Ia mengajak, kepada semua pihak untuk dapat bersama-sama dalam menghadapi persoalan, baik itu persoalan pangan, energi dan ekonomi atau keuangan.

Karena banyak hal yang dapat dilakukan dalam menghadapinya dengan bersama-sama dan saling bahu-membahu.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imadudin Sahabat mengatakan ekonomi syariah merupakan bagian dari sumber pertumbuhan ekonomi baru.

"Ekonomi syariah menjadi sektor pertumbuhan ekonomi baru bagi kita semua. Dan ini bisa kita galakkan bersama menjadi sumber pembiayaan ekonomi kedepannya," ujarnya.

"Kami melihat Banten sebagai Provinsi yang memiliki potensi yang sangat luar biasa, terlihat dari prospek yang baik bagi industri halal di Provinsi Banten," tandas dia.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022