Mahasiswa KKM Kelompok 08 Universitas Al-Khairiyah (Unival) menggelar seminar pendidikan di MTs Al-Khairiyah Pengoreng, Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang.

Seminar yang mengambil tema "Peran Al-Khairiyah Dalam peradaban Islam Modern" tersebut digelar pada Ahad (04/9/2022) dan dihadiri Dosen Pembimbing KKM  Dr. Supriyadi.,MM, Ketua Pelaksana Andi, kepala sekolah serta siswa/i Al-Khairiyah se Kecamatan Pulo Ampel.

Waketum PB Al-Khairiyah Hj Titin Kholawiyah MM yang tampil sebagai pemateri di seminar tersebut menyampaikan tentang pergerakan Al-Khairiyah dalam bidang pendidikan, sosial serta nilai-nilai perjuangan Al-Khairiyah.

"Dalam catatan sejarah pergerakan perkumpulan Islam Al-Khairiyah yang didirikan oleh Brigjen KH. Syam'un di Citangkil, pertama kali mendirikan pesantren salafi (tradisional) pada 1916. Di pesantren itu beliau, mendidik dan membekali para santri dengan berbagai pengetahuan agama," kata Hj Titin.

Pada 5 Mei 1925, lanjut Hj Ttitin, bertepatan dengan 12 Syawal 1343 H sepulangnya dari Mekah, KH. Syam'un melakukan perubahan bersejarah dengan mendirikan lembaga pendidikan formal dan modern, yaitu mengubah sistem pesantren salafi menjadi madrasah yang diberi nama "Madrasah Al-Khairiyah Citangkil.

"Yang selanjutnya familiar kita kenal dengan Perguruan Islam Al-Khairiyah Citangkil," kata Hj Titin Kholawiyah.

Lebih lanjut Hj Titin menjelaskan, sampai saat ini Al-Khairiyah terus bergerak dalam bidang-bidang lainnya, terkhusus di bidang sosial kesehatan salah satunya adalah akan segera membentuk Klinik Kesehatan Al-Khairiyah sebagai amal usaha Al-Khairiyah.

"Kami sebagai Pengurus Besar Al-Khairiyah, berpesan kepada kawan-kawan mahasiswa yang sedang KKM agar menjadi generasi penerus untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dan penyambung Ide, gagasan serta nilai-nilai perjuangan Al-Khairiyah untuk diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat dalam kegiatan KKM ini," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana  seminar pendidikan, Andi mengungkapkan, acara seminar bertujuan untuk meningkatkan nilai jiwa pengabdian terhadap Al-Khairiyah.

"Dengan diadakannya acara seminar pendidikan ini agar dapat meningkatkan jiwa pengabdian kepada Al-Khairiyah serta menjadi motivasi semangat belajar yang tinggi bagi siswa/i Al-Khairiyah," kata Andi.

Seminar tersebut ditutup dengan sosialisasi pembuatan KTA Al-Khairiyah kepada keluarga Besar Al-Khairiyah di Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang.








 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022