Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Banten membantu pemerintah provinsi menangani masalah anak remaja melalui forum diskusi yang melibatkan tokoh pendidikan, lintas agama, elemen masyarakat dan pejabat setempat.
 
"Kita berharap dalam forum diskusi ini agar kalangan anak remaja memiliki kualitas dan sumber daya manusia (SDM) juga akhlak yang terpuji dengan tema "Masalah pada remaja dan bagaimana solusi yang efektif"," kata Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten, Gembong R. Sumedi di Serang, Minggu.
 
DPW PKS Provinsi Banten dalam forum diskusi itu tidak hanya berfokus dalam politik maupun pemilu, namun berkontribusi untuk membantu pemerintah daerah untuk mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas dan SDM, sehingga kalangan remaja harus belajar juga memiliki pendidikan yang baik.
 
Era digitalisasi saat ini memberikan peluang luas bagi remaja-remaja dalam berinteraksi dengan dunia luar.
 
Namun, dibalik interaksi dengan dunia luar tentu tidak boleh melupakan nilai-nilai positif yang dimiliki sebagai bangsa, seperti dasar negara maupun religiusitas.
 
Menurutnya, kata dia, solusi yang bisa diberikan untuk masalah yang ada pada remaja moral serta sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang harus ditanamkan kepada anak-anak remaja.

Kenakalan remaja yang sering dilakukan seperti halnya tawuran, karena kurangnya sikap kepedulian terhadap lingkungan bersama untuk saling menjaga juga bergotong royong.
 
“Solusi yang bisa dilakukan dalam menangani kenakalan remaja bisa diatasi dengan pembelajaran digital, karena dengan adanya pembelajaran digital anak-anak remaja bisa berada di rumahnya untuk belajar dan mengurangi kegiatan kenakalan remaja,” katanya menjelaskan.
 
Dalam forum diskusi ini berharap dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan mencari solusi bersama untuk membentuk sikap remaja agar tidak melakukan hal-hal negatif.
 
Sebab, remaja adalah generasi bangsa yang harus dipersiapkan untuk membangun Indonesia kedepan menjadi lebih baik.

"Kita tentu harus mencetak remaja yang berkualitas dengan memiliki SDM, bermoral, cinta NKRI dan religi," katanya menjelaskan.
 
Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Provinsi Banten Shinta Wishnu Wardhani menambahkan dengan adanya forum diskusi yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan instansi diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan mencari solusi bersama untuk membentuk sikap remaja agar tidak mengikuti hal-hal negatif.

“Kita berharap semoga apa yang dihasilkan dari forum ini bisa melahirkan masukan-masukan yang berharga dan dapat menjadi rekomendasi kepada pemangku kebijakan, " jelasnya.
 
Sementara itu, Pj Gubernur Banten Ali Muktabar mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan forum diskusi yang diikuti berbagai elemen masyarakat maupun pemangku kebijakan.
 
Pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan perlu adanya komunikasi bersama untuk mencari solusi bagaimana penanganan masalah yang ada pada remaja.
 
Sebab, pemerintah daerah tidak bisa hanya bekerja sendiri dan kegiatan forum diskusi ini juga bisa dilakukan oleh berbagai kalangan dengan tujuan bahu-membahu membangun negeri bersama.
 
"Kita tentu sebagai pemangku kebijakan sangat mendukung dengan kepedulian PKS menggelar diskusi masalah anak remaja untuk mempersiapkan kedepan generasi unggul dan berkualitas untuk membangun Indonesia lebih maju,” katanya.
 
Kegiatan forum diskusi dengan tema 'Masalah Pada Remaja dan Bagaimana Solusi yang Efektif" bertempat di Hotel Ultima Ratu Kota Serang.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022