Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama suami Jhon Chaidir dan sang putri Kamila Ratu Chaidir melaksanakan Sholat Idhul Adha 1443 Hijriyah di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu pada Ahad, 10 Juli 2022.

Dengan mengenakan baju gamis putih Bupati Tatu dan keluarga tiba sekitar pukul 06.30 WIB dan disambut langsung Wakil Bupati  Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Bahrul Ulum, Asisten Daerah (Asda) I Nanang Supriatna dan para Kepala OPD, serta Kabag Setda. 

Selain itu tampak juga Anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Golkar Muhsinin, Camat Kramatwatu dan ribuan warga se Kecamatan Kramatwatu. 

Sementara yang berindak sebagai Imam pada Sholat Idhul Adha tersebut yakni Ustadz Abuy Budiman, Khotib KH. Tubagus Ahmad Khudori Yusuf, Bilal Ustadz Tajwini, dan Ustadz Rohili pembaca do’a. 

Usai Sholat Ied, Bupati Tatu beserta jajaran menuju Masjid Jami Baitul Muslimin untuk menyerahkan secara simbolis hewan kurban sapi.

Bupati Tatu mengaku bersyukur sudah melaksanakan sholat ied bersama masyarakat.

"Alhamdulillah tadi kita sudah bersama-sama melaksanakan Sholat Idhul Adha di Lapangan Kecamatan Kramatwatu. Memang alun-alun ini sering kali kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan Pemda Serang, yaitu salah satunya sholat Idul Adha hari ini. Alhamdulillah semua berjalan lancer," kata Tatu.
 
Tatu juga bersyukur Jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang baik dirinya, Wabup Pandji, Sekda Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan seluruh OPD bisa melaksanakan sholai Ied beesama dan memberikan hewan kurban kepada masyarakat. 

"Tentunya kami berharap semua ini merupakan bentuk dari ketaqwaan saya, kami semua (Jajaran Pemda Serang) kepada Allah SWT," ujarnya.

Dari sisi sosial, lanjut Tatu, dirinya juga berharap bantuan hewan kurban bisa membantu masyarakat Kabupaten Serang untuk bisa menikmati daging kurban yang akan dibagikan kepada seluruh atau sebagian masyarakat Kabupaten Serang. 

"Harapannya Habluminallahnya, kita berharap ini bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan dari sisi sosial semoga ini bagian dari berbaginya masyarakat yang mampu, untuk saudara-saudara kita  yang memang membutuhkan daging kurban. Ini bentuk kebersamaan antar masyarakat muslim atau Islam di Kabupaten Serang," katanya menambahkan.

Ditempat yang sama Asda I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan untuk tahun ini Pemda Kabupaten Serang menyerahkan 53 hewan kurban, yakni sapi 21 ekor, kerbau 2 ekor dan kambing 30 ekor.

"Sudah dibagikan semalam kepada lembaga dan pondok pesantren se Kabupaten Serang, dan hari ini di laksanakan penyembelihannya," ujar Nanang.

Sedangkan terkait perayaan Hari Raya Idhul Adha, kata mantan Camat Waringin Kurung ini sebagaimana disampaikan KH Tubagus Ahmad Khudori Yusuf  yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Idhul Adha adalah berkurban, juga menjaga kebersamaan dalam mentauladani Nabi Ibrahim dan bagaimana ketaatan anaknya yaitu Nabi Ismail kepada bapaknya. Nabi Ibrahim  menjaga keluarga dan ketaatan kepada Allah SWT.

"Sehingga oleh Allah SWT memberikan penggantinya dengan seekor kambing, nah ini tentunya penguatan keluarga dan juga menjaga kekompakan, kebersamaan seluruh masyarakat Kabupaten Serang untuk terus sama-sama melaksanakan dan mendukung pembangunan di Kabupaten Serang," ucap Nanang.





 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022