Ikatan Anggota Pendukung Pencinta Alam Siswa SMA Negeri I Jakarta mengelar aksi peduli lingkungan dengan menanam bibit pohon di Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sekitar air terjun Cikaracak, Tanan Nasional Pangrango.

Ketua Harian Ikatan Anggota Pendukung PALASI SMAN 1 Jakarta, Tommy Apriawan di Jakarta Selasa mengatakan pihaknya dapat dua manfaat sembari berlibur dan dapat peduli lingkungan dengan menanam bibit tanaman keras.

"Ini merupakan bagian ikut melaksanakan program pemerintah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu "Ayo Ke Taman Nasional." kata Tommy Apriawan.

Menurut dia, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Perangkat Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, dan warga setempat serta pihak Taman Nasional Gede Pangrango yang telah membantu kegiatan ini hingga berjalan dengan sukses dan lancar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana peduli lingkungan, Gabriel, mengatakan Desa Cinagara berpotensi menjadi Desa Ekowisata dan ini sangat mungkin, desa tersebut mempunyai alam yang sangat indah, untuk menuju Curug Cikaracak yang berada di wilayah Taman Nasional Gede Pangrango.

"Kita dapat menyaksikan kegaiatan masyarakat setempat bertani, berternak ikan, dan bila kita beruntung bisa bertemu satwa kera-kera hutan saat di dalam hutan," katanya.

Gabriel menambahkan melalui Desa Cinagara dengan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit dengan menyusuri pematang sawah, sungai, serta sedikit memasuki hutan.

Gabriel menambahkan melalui Desa Cinagara dengan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit dengan menyusuri pematang sawah, sungai, serta sedikit memasuki hutan. 

"Kita bisa menyaksikan aktivitas masyarakat setempat bertani, berternak ikan, dan bila kita beruntung bisa bertemu satwa kera-kera hutan saat di dalam hutan," katanya.
 
Diharapkan adanya aksi peduli lingkungan tersebut warga setempat termotivasi untuk bergerak menjadikan desa ekowisata dan dapat memberikan nilai tambah ekonomi.





 

Pewarta: Adityawarman

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022