Serang (AntaraBanten) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno mengharapkan pembangunan bidang pertambangan dan energi di daerah itu lebih maksimal.

"Dengan terisi jabatan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) yang selama ini kosong saya harapkan dapat mempercepat pembangunan di Banten, terutama bidang tamben," katanya usai melantik Eko Palmadi sebagai Kepala Distemben Banten di Serang, Rabu.

Eko Palmadi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Geologi, Distamben Provinsi Banten.

"Kalau ada pejabat depenitif, kan bisa lebih fokus," kata Rano Karno.

Jabatan Kepala Distamben sebelumnya dijabat oleh Cepi Suwargi sebagai pelaksana tugas (plt).

Eko Palmadi usia dilantik mengaku akan segera melaksanakan dna melanjutkan program kerja di Distamben seperti program listrik desa (prolisdes).

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) menargetkan penyelesaian 25.000 satuan sambungan rumah lewat prolisdes pada 2014.

"Rata-rata setiap tahun kita menyelesaikan sekitar 25 ribu satuan sambungan untuk keluarga sasaran dari program listrik pedesaan. Itu untuk enam kabupaten/kota, karena Kota Tangerang dan Tangerang Selatan tidak ada," katanya.

Ia mengatakan, melalui program prolisdes tersebut, saat ini rasio elektirifikasi di Banten sudah mencapai 83 persen. Padahal pada saat awal Provinsi Banten berdiri, rasio elektrifikasi di Banten masih kurang dari 60 persen.

"Saat ini masih ada sekitar 200 rumah tangga yang belum teraliri listrik. Jika mengacu RPJMD, semua harus selesai pada 2017 mendatang," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014