Polres Serang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang siap bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menghadapi mudik lebaran tahun 2022. 

Hal itu terungkap usai Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Serang mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral secara virtual di Aula Mapolres Serang, Kamis. 
 
Kapolres Serang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudha Satria mengatakan rakor lintas sektoral bertujuan untuk menghadapi rencana mudik lebaran. 

“Jadi ada beberapa hal yang dibahas karena memang kita sudah dua tahun menghadapi pandemi, sudah dua tahun tidak melaksanakan mudik (lebaran),” ujarnya. 

Oleh karena itu, lanjut Kapolres, Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo merencanakan mudik lebaran tahun 2022 untuk dilaksanakan.

 “Ada beberapa persiapan di antaranya bagaimana supaya masyarakat yang melaksanakan mudik tetap bisa mudik dengan aman dan lancar,” kata AKBP Yudha Satria.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik,  Polres Serang akan mendirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan. Sedangkan yang terbaru berdasarkan intruksi Kapolri agar mendirikan juga Pos Terpadu yang terpisah dengan Pospam dan Pos Pelayanan.
 
“Jadi akan kita siapkan di pintu-pintu tol, Simpang Tiga Cikande Asem, dan Kawasan Modern Cikande. Karena memang kewenangan Polres Serang meliputi pintu tol menuju Merak, jalan bawah digunakan kendaraan roda dua menuju penyeberangan Merak. Untuk personil kurang lebih kita terjunkan sebanyak 215 personil,” jelas AKBP Yudha.

Sedangkan untuk titik rawan kemacetan, pihaknya belum bisa memetakan lantaran masih menunggu instruksi dari Polda Banten. 

“Tidak ada buka tutup jalur (untuk wilayah Kabupaten Serang),” katanya menjelaskan.

AKBP Yudha menambahkan, hal utama yang perlu disampaikan kepada masyarakat khususnya pemudik, sebelum mudik agar terlebih dahulu melaksanakan vaksin dosis 3 atau booster. 

“Harapannya nanti setelah mudik aman dan sehat tidak ada kelonjakan covid-19,” katanya.

Ditempat yang sama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Serang merupakan bagian yang bersama-sama turun untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. 

Adapun untuk tim dari pemda meliputi Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

“Tadi seperti harapan Pak Kapolres semua bisa berjalan lancar, karena sudah dua tahun tidak mudik, ini pastikan ada lonjakan pemudik,” ujarnya.

Terkait vaksinasi dosis 3 atau booster, Tatu memastikan akan dibahas secara khusus bersama Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Kolonel Inf. Susilo dan Kepala Dinkes Agus Sukmayadi. Karena untuk yang mau mudik terutama karyawan industri yang banyak harus segera melakukan vaksin booster.

“Vaksin booster supaya mereka (pemudik) tidak terkendala di jalan. Untuk surat himbauan ke perusahaan hari ini disiapkan oleh Disnakertrans. Upaya itu dilakukan juga untuk mengejar target karena di Kabupaten Serang baru mencapai 9,5 persen capaian vaksin booster. Jadi, mau siang dan malam kita layani yang mau di booster,” ujar Tatu.







 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022