Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Sat Brimob Polda Banten didampingi Polres Serang Kota melakukan sterilisasi di setiap sudut ruangan Vihara Avalokitesvara di Kasemen, Kota Serang untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang datang merayakan imlek.

Polres Serang Kota berkoordinasi dengan pengurus vihara yang ada di Kota Serang untuk melakukan sterilisasi tempat peribadahan.

"Kami sudah mengantisipasi 3 Vihara di Kota Serang untuk dilaksakannya ibadah hari pergantian tahun imlek, di Kasemen satu di Kota Serang ada dua," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Maruli Hutapea saat ditemui di Vihara Avalokitesvara, Kasemen, Kota Serang, Banten, Senin (31/1/2022).

Maruli juga menegaskan sesuai dengan Imendagri Nomor 5 Tahun 2022, untuk aktifitas kegiatan ibadah dibatasi 50 persen, setiap pengunjung yang datang beribadah juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah menerjunkan 80 personil untuk berjaga di tiga vihara di Kota Serang, dan diharapkan aman agar pengunjung dapat melakukan ibadah dengan tentram.

"Untuk antisipasi karena besok libur, kami akan tetap laksanakan patroli di tempat-tempat yang rawan, kemudian kami laksanakan razia kendaraan yang tidak standar," ujar Maruli.

Ko Halim Husein, pengurus Vihara Avalokitesvara mengaku semenjak pandemi pengunjung berkurang dan tidak sampai 50 persen, hanya menitipkan pasang lilin saja saat Imlek.

"Disini gak ada atraksi apa-apa," ucapnya.

Semenjak pandemi di hari Imlek Vihara Avalokitesvara tidak melakukan atraksi barongsai ataupun liong, Halim juga mengatakan bahwa vihara ini sempat tutup total selama dua bulan.






 

Pewarta: Fatimah

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022