Dalam upaya pengembangan  peningkatan layanan di Kota Serang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Serang membuat administrasi kependudukan lebih cepat, lebih baik, lebih efektif dan lebih berdaya guna serta berupaya mengupdate data kependudukan dan menghapus data ganda.

“Atas nama Pemerintah Kota Serang, saya mengapresiasi pelayanan ini, bukan hanya di Lobby saja, tapi Dukcapil akan Mobile, akan keliling ke tempat fasilitas umum, Kecamatan, dan tempat lain yang di perlukan,” kata Wali Kota Serang, Syafrudin, dalam sambutanya di acara launching Lobby Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Serang.

Baca juga: Pekan depan Pemkab Serang mulai vaksinasi anak usia 6 - 12 tahun

Syafrudin menyatakan, dengan adanya  perbaikan dari pelayanan Disdukcapil,  dalam pembuatan surat yang mulanya bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, sekarang masyarakat hanya dengan memiliki persyatakan administrasi yang lengkap dalam waktu 50 menit surat sudah jadi.

Syafruddin menegaskan dalam pelayanan administrasi di Disdukcapil dan pelayanan lainnya, tidak ada calo. Sehingga masuk ke Disdukcapil dan pelayanan lainnya tidak ada pungutan biaya apapun.

“Jika ditemukan calo, maka akan kami laporkan kepada yang berwajib, terutama calo yang dari luar, apalagi calo yang dari dalam,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Serang Dul Barid mengatakan jika pelayanan memakan waktu lebih lama dari target yang disebutkan, biasanya terdapat kendala di kelengkapan persyaratan administrasi yang dibawa oleh masyarakat, dikarenakan banyak masyarakat yang masih awam di persyaratan yang harus disiapkan. Selain persyaratan yang dibawa terkadang terkendala pada jaringan yang tidak terkoneksi.

“Antisipasi adanya calo, saya dengan teman-teman sudah melakukan mobile  ke Kecamatan dan Alun-alun, karena dengan pendekatan akan pelayanan kepada masyarakat, masyarakat lebih mengetahui ke Kecamatan di banding ke sini (Disdukcapil_red) sehingga ini dilakukan untuk menekan calo, jadi kami akan sebar di titik-titik keramaian, dan kami harap akan ditambah lagi kendaraannya,” ungkap Dul Badri.

Pewarta: Weli/Fatimah

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022