Kelompok Kerja (Pokja) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Kota Tangerang, Banten memastikan vaksin jenis Sinovac yang digunakan untuk vaksinasi COVID-19 bagi kategori usia 6-11 tahun aman digunakan.

"Vaksin jenis Sinovac ini aman digunakan anak-anak. Dengan itu, orang tua tak perlu takut atau ragu," kata dr Arifin Kurniawan Kashmir, dari Pokja KIPI Kota Tangerang dalam keterangannya usai meninjau vaksinasi bagi anak di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Kota Tangerang Kecamatan Tangerang Kelurahan Babakan, Selasa.

Baca juga: 180 ribu anak usia 6-11 tahun di Tangerang ditargetkan terima vaksin COVID-19

Ia mengatakan Indonesia merupakan negara lanjutan dan beberapa negara sudah lebih dulu menyuntikkan vaksin Sinovac ke anak-anak umur belia.

"Tercatat tidak ada kasus berbahaya, semua aman dan sudah lulus uji penelitian yang panjang. Jadi kami imbau kepada orang tua bisa membantu menyukseskan program ini," ujarnya.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten mulai hari ini melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk kategori usia 6-11 tahun dengan sasaran 186.349 anak dan sebanyak 1.430 anak telah mengikuti vaksinasi COVID-19 di hari pertama yang dilaksanakan di lima sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Dini Anggraeni mengatakan kegiatan vaksinasi bagi anak berdasarkan instruksi Mendagri nomor 66 tahun 2021 yakni kota/kabupaten yang cakupan vaksinasi dosis pertamanya sudah lebih dari 70 persen dan lansianya di atas 60 persen.

Ia mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun aman untuk dilakukan dan telah melalui kajian yang matang serta rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatioon (ITAGI).

“Kementerian sudah memberikan keputusan untuk memulai vaksinasi usia 6-11 tahun. Semua telah dipastikan dari sisi keamanannya, serta manfaat perlindungan yang akan didapat. Jadi jangan ragu, untuk putra putrinya segera divaksin,” katanya.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021