Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang, Banten kembali menerapkan layanan jemput bola pembuatan kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA) dengan membuka gerai di tingkat RW.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Tangerang, Sri Warsini di Tangerang Jumat mengatakan layanan jemput bola dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat agar tidak jauh datang ke kelurahan/kecamatan serta Kantor Disdukcapil dalam mengurus administrasi kependudukan.

Baca juga: Wali Kota Tangerang apresiasi peringatan Hari Sumpah Pemuda di Sungai Cisadane

Disdukcapil, lanjutnya, tak hanya sekedar mengurus pada KK dan KIA saja tetapi perekaman e-KTP. Layanan ini diterapkan di seluruh wilayah sesuai permintaan kecamatan/kelurahan setempat.

“Pada prinsipnya, Disdukcapil siap di setiap hari kerja pada program jemput bola ini. Tak hanya KIA dan KK, Disdukcapil juga siap melayani door to door perekaman e-KTP. Biasanya diperuntukkan bagi para lansia atau ODGJ yang kesulitan menjangkau kantor Disdukcapil,” katanya dalam kegiatan layanan jemput bola pembuatan administrasi kependudukan di Pinang.

Untuk di Kecamatan Pinang memang rutin dilakukan seminggu sekali, secara bergilir di 11 kelurahan. Melalui layanan jemput bola ini, akan lebih dimudahkan, lebih cepat dan pastinya langsung jadi, gratis tanpa biaya.

Ia pun berharap, melalui program ini pendataan kependudukan warga Kota Tangerang dapat terus tertangani, dan terus terupdate. “Sehingga, data kependudukan warga Kota Tangerang untuk keperluan kesehatan atau lainnya dapat dijalani tanpa adanya kendala,” katanya.

Sementara itu, Hernani salah seorang warga Pinang mengaku sangat terbantu dengan layanan jemput bola ini. Pasalnya, ia agak kesulitan pergi jauh dengan dua anaknya untuk menjangkau lokasi perekaman KIA.

“Kalau dekat begini, masih di satu RW kan jadi dekat, mudah dan cepat. Pada prosesnya juga tidak ada yang dipersulit. Ya, semoga saja layanan-layanan lainnya bisa juga mudah seperti ini,” kata dia.


 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021