Temu kangen alumni SMPN1 Rangkasbitung tahun 1985 hingga kini dapat memperkuat silaturahmi dengan baik melalui kegiatan pengajian. 

"Kita berharap kegiatan silaturahmi antaralumni itu tetap lestari dan terjaga, meski sempat berhenti akibat pandemi itu," kata Iskandar, penyelenggara "Temu Kangen Alumni " SMPN 1 Rangkasbitung, Minggu.

Menurut Iskandar, kegiatan silaturahmi itu tentu sangat bermanfaat untuk menjalin ukhuwah persaudaraan dan persatuan juga panjang umur. 

Selain itu silaturahmi membawa berkah juga mendatangkan rejeki dan bisa membangun ekonomi kreatif melalui diskusi-diskusi maupun inovatif- inovatif lain yang membawa dampak positif untuk kesejahteraan. 

Oleh karena itu, ajaran Islam mengajarkan pentingnya menjalin silaturahmi untuk membangun ukhuwah persaudaraan, persahabatan dan persatuan antarumat manusia. 

"Kami meyakini melalui silaturahmi itu  diridhoi kehidupan para alumni oleh Allah SWT dengan limpahkan rejeki hingga kesehatan,"' kata Iskandar yang dulu sebagai Ketua OSIS. 

KH Abduroup sebagai penceramah pada temu kangen alumni SMPN 1 Rangkasbitung  mengatakan Agama Islam berkembang di Tanah Air karena terjalinnya budaya silaturahmi itu, sehingga kehidupan di masyarakat selalu terjalin persaudaraan, persahabatan dan persatuan. 

Begitu juga manfaat silaturahmi  dari sudut pandang hadits ada tiga yang menguntungkan, pertama dapat mendatangkan rejeki, kedua tolak bahaya dan ketiga panjang umur. 

Ia memaparkan silaturahmi dapat saling mengenal antara satu dengan satu lainnya juga membangun dinamika kehidupan sosial dan penuh kasih sayang juga saling membantu.

"Kami berharap melalui silatuhrahmi dapat meningkatkan kehidupan yang lebih baik sesuai ajaran Islam," kata Mantan Kasubag Tata Usaha Kemenag Lebak. 

Sementara itu, Jubaedah mengatakan dirinya mengapresiasi para alumni ini ada yang datang dari luar daerah hanya untuk silaturahmi bersama teman-teman waktu sekolah dulu. 

Pertemuan para alumni itu sangat membahagiakan karena puluhan tahun tidak bertemu, bahkan ada yang sudah meninggal. 

"Kita terus lestarikan budaya silaturahmi itu untuk persaudaraan dengan tidak memandang strata sosial," katanya.

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021