Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto menyatakan Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin mengamanahkan agar wilayah Tanara dan Tirtayasa, Kabupaten Serang Banten dijadikan sentra buah mangga.

“Sekitar tiga pekan lalu beliau mengamanahkan supaya wilayah Pondok Pesantren An Nawawi Tanara jadi penghasil tanaman buah mangga,” ujar Brigjen TNI Yunianto saat melakukan penanaman pohon mangga bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang mengawali penanaman di sekitar kediaman Wapres KH. Ma’ruf Amin di Desa/Kecamatan Tanara, Kamis.

Untuk mendukung rencana tersebut, sebanyak 20.000 bibit pohon buah mangga pun ditanam di dua wilayah tersebut.

Brigjen TNI Yunianto lebih lanjut mengungkapkan, atas amanah tersebut pihaknya mendatangkan bibit pohon buah mangga  berkualitas yang cocok dengan daerah sekitar Tanara.

Puluhan ribu bibit yang disiapkan itu terdiri dari berbagai jenis yang meliputi, buah manga gedong gincu, harum manis, cengkir dan lainnya. 

“Sebelumnya kami juga koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten, maka bibit buah mangga  didatangkan dari Jati Nangor Bandung Jawa Barat,” jelasnya.

Ia berharap dengan ditanamnya bibit buah pohon mangga tersebut masyarakat juga ikut bertanggungjawab untuk merawatnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang antusias dengan rencana itu mengaku, merupakan mimpinya di Kabupaten Serang bisa menjadi sentra buah mangga. Terlebih, setiap desa mempunyai penghasil unggulan. 

“Mimpi saya diinisiasi oleh Pak Wapres dan Danrem,” ujar Tatu.

Dengan dilaksanakannya penanaman pohon buah mangga, Bupati Serang dua periode ini meyakini sudah sesuai dengan target Pemerintah Daerah Kabupaten Serang yakni _one field one product_ (satu bidang satu produk). 

"Mudah-mudahan tiga kecamatan dimulai dari Tanara, Tirtayasa, dan Pontang nanti jadi sentra mangga, bisa seperti Indramayu penghasil buah mangga,” katanya.

Dengan begitu, kata Tatu, ia meyakini jika Kabupaten Serang pun bisa seperti Indramayu sebagai penghasil buah mangga. 

“Kabupaten Serang juga rasanya tidak sulit, hanya memang apa yang disampaikan Pak Danrem setelah ditanam itu jangan berharap lagi kepada pihak TNI yang mengurus, tapi masyarakat yang merawat, menyiram dan menjaga supaya hidup,” ungkapnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, Agus M Taucid, Kepala Distan Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana, Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP), Soehardjo, Kepala Dinkes, dr Agus Sukmayadi, dan para alim ulama Kecamatan Tanara.

Usai menanam bibit pohon buah mangga di halaman kediaman Wapres RI KH Ma’ruf Amin, Tatu bersama Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono melanjutkan menanam di terminal Tanara dengan menggunakan sepeda motor yang dilanjutkan dengan panen raya padi dan meninjau serbuan vaksinasi  yang digelar Kodim 0602/Serang di Kantor Desa Sujung.




 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021