Puluhan warga lanjut usia atau lansia di Kabupaten Lebak, Banten mendatangi Puskesmas Mandala dengan rela untuk dilakukan vaksinasi guna mengendalikan pandemi COVID-19.
 
"Kami datang ke sini untuk divaksin agar Indonesia terbebas dari penularan virus corona," kata Bangbang (60) warga Cibadak Kabupaten Lebak, Rabu.

Baca juga: Ruas jalan Cibareno, Lebak - Sukabumi longsor akibat hujan lebat
 
Penyebaran COVID-19 di Tanah Air hingga saat ini belum menghilang, karena kesadaran masyarakat masih rendah untuk menerapkan protokol kesehatan.
 
Mereka masyarakat banyak ditemukan tidak menggunakan masker juga berkerumun, sehingga berpotensi penularan virus corona.
 
Selama ini, kata dia, pengendalian COVID-19 dinilai tepat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.
 
Selain itu juga vaksinasi untuk membangun kekuatan imun dalam tubuh agar tahan terhadap serangan virus corona.
 
"Kami bersama tetangga yang sama- sama lansia secara rela datang ke Puskesmas untuk divaksin COVID-19," katanya menjelaskan.
 
Begitu juga Siti Aminah (65) warga Kadu Agung Kabupaten Lebak mengatakan dirinya datang ke Puskesmas Mandala secara suka rela sehubungan adanya vaksinasi gratis untuk pengendalian COVID-19.
 
"Kami merasa lega setelah disuntik vaksinasi dan berharap penyakit yang mematikan itu hilang," katanya.
 
Petugas Puskesmas Mandala Kabupaten Lebak Eti mengatakan saat ini pihaknya melayani vaksinasi untuk lansia agar Indonesia terlepas dari pandemi COVID-19.
 
Saat ini, kata dia, untuk pelaksanaan vaksinasi lansia tercatat 60 orang dan mereka datang sendiri dengan membawa identitas diri, seperti KTP dan KK.
 
"Kami setiap hari melayani vaksinasi untuk usia lanjut," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021