Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Serang Provinsi Banten mengedukasi pentingnya vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat serta pembagian masker dan hand sanitizer di daerah itu.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Serang Fatoni SKep Ners MKep di Serang, Selasa mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian HUT PPNI ke- 47 Tanggal 17 Maret 2021.

Baca juga: Basarnas Banten butuhkan 30 polisi miliki kompetensi SAR

PPNI secara nasional melaksanakan edukasi serentak di setiap provinsi dan kabupaten tentang pentingnya vaksinasi guna mendukung program pemerintah dalam upaya penanggulangan COVID-19.

"Untuk itu, DPD PPNI Kabupaten Serang dalam HUT PPNI ini melakukan kegiatan edukasi vaksinasi COVID-19 dan pembagian masker serta hand sanitizer secara gratis di dua lokasi berbeda yaitu di Rumah Sakit dr. Dradjat Prawiranegara dan Puskesmas Kramat Watu Kabupaten Serang pada 15 Maret 2021," kata Fatoni.

Fatoni mengatakan, program pemerintah saat ini dalam rangka penanggulangan COVID-19 selain melalui gerakan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi, juga melaksanakan vaksinasi massal dengan tujuan mengurangi penyebaran COVID-19.

"Target vaksinasi secara nasional adalah mencapai 2/3 dari jumlah penduduk Indonesia, sehingga bisa terwujud Indonesia bebas COVID-19. Sehingga vakinasi ini sangat penting bagi kita agar segera terbebas dari pandemi COVID-19," katanya.

Menurutnya, proses edukasi di dua lokasi yang diberikan oleh anggota PPNI Kabupaten Serang tersebut, tetap memperhatikan protokol kesehatan dan diikuti oleh masyarakat dengan sangat antusias. Evaluasi akhir dari setiap edukasi, masyarakat yang hadir memahami dan mengerti tentang pentingnya vaksinasi.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung proses edukasi, terutama Direktur RS dr. Drajadjat Prawiranegara dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang.

Fatoni menambahkan, perawat adalah tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan baik difasilitas pelayanan kesehatan maupun di masyarakat. Pada Pandemi COVID-19 sejak Maret 2020, perawat menjadi garda terdepan dalam penanggulangan COVID-19.

"Para perawat ini, mereka bekerja tanpa kenal lelah dan tanpa menghiraukan resiko yang akan berdampak bagi dirinya maupun keluarganya, termasuk stigma yang kurang baik dari masyarakat sehingga sering terjadi tindakan diskriminatif," Fatoni menegaskan.

Oleh karena itu, kata Fatoni, PPNI sebagai induk organisasi perawat dalam kiprahnya selalu mengedepankan kesejahteraan dan kepentingan anggota dengan visi dicintai anggotanya dan disayangi pemerintah.

"Melalui visi-nya PPNI berupaya untuk bisa dicintai oleh anggotanya dengan terus memperjuangkan perawat untuk bisa sejajar dengan profesi lainnya dan berkontribusi serta mendukung pemerintah melalui program kesehatannya," kata Fatoni.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021