Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang terus berupaya memperbaharui data pemilih untuk mempermudah proses pemutahiran dan penyusunannya pada pemilu mendatang.

"Upaya KPU dalam pemutahiran data pemilih berkelanjutan adalah koordinasi dengan instansi terkait, seperti yang hari ini kita lakukan bersama Bawaslu, dinkes, kemenag, dan TNI/Polri," kata Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar saat membuka Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Maret 2021 di Serang, Senin (15/3).

Selain itu, kata dia, KPU juga melakukan sosialisasi melalui  website KPU, facebok, twitter, pertemuan tatap muka, dengan ormas, tokoh masyarakat, pendidikan, komunitas dan segmen masyarakat lainnya.

"Bahkan kami juga sosialisasi dengan teman-teman media yang sangat berperan dalam hal ini," katanya.

Abidin menjelaskan, upaya lainnya yang dilakukan KPU dalam pemutahiran dan penyusunan data pemilih berkelanjutan adalah membuat aplikasi.  

"Kami sudah buat aplikasi namanya 'Sik Asik', singkatan dari sistem informasi kumpulan arsip kepemiluan. Jadi tidak ada data pemilih, tapi semua kumpulan arsip kepemiluan termasuk hasil pilkada kemarin, siapa pemenangnya, semua ada di aplikasi itu," kata Abidin.

Dia mengatakan, peran serta seluruh masyarakat Kabupaten Serang sangat diharapkan demi terciptanya data pemilih yang berkualitas dan akuntabel.

Pilkada kemarin kita bisa laksanakan dengan sukses, aman, lancar dan damai berkat semua. Alhamdulillah saya bangga dengan Bupati Serang yang mensuport semua kegiatan KPU," katanya.

Turut hadir dalam pembukaan rapat  tersebut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Ketua DPRD Bahrul Ulum, unsur TNI/Polri, perwakilan Kemenag, dan sejumlah Kepala OPD, para camat, serta pimpinan partai se Kabupaten Serang.

Selain itu, rapat juga diikuti secara virtual oleh 326 kepala desa se Kabupaten Serang, dan diakhiri dengan penandatanganan kerjasama antara KPU dan Pemda Serang.





 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021