Jasa Raharja Cabang Banten menyatakan siap membantu pihak kepolisian dalam memberikan rasa nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Menyambut Tahun Baru 2021, terutama dari segi pemberian bantuan santunan luka-luka bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Sebagai mitra Polda Banten, kami tentu telah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan selama perayaan serta ibadah Natal berlangsung dan juga menjelang pergantian tahun, sesuai dengan tugas yang kami emban yaitu menyediakan bantuan untuk santunan luka-luka dan meninggal dunia bagi korban kecelakaan lalu lintas,” kata Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Dodi Apriansyah di Serang, Senin (21/12/2020).

Ditemui usai menghadiri gelar apel pasukan Operasi Lilin Kalimaya 2020, dalam rangka pengamanan perayaan serta ibadah Natal dan Tahun Baru di Mapolda Banten, Kota Serang, Dodi mengatakan bahwa pihaknya tiap tahun dalam event yang sama selalu menyiapkan berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan keselamatan jiwa para pengendara roda empat dan roda dua.

“Persiapan yang kami lakukan adalah memasang rambu-rambu peringatan agar berhati-hati dalam menjalankan kendaraan,” kata Dodi.

Apel di Polda Banten yang juga dihadiri Korem 064/Maulana Yusuf dan Pemprov Banten, merupakan apel sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2020 Baik pengamanan pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemprov Banten, dan mitra Kamtibmas lainnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar menyampaikan bahwa Polri menyelenggarakan operasi lilin 2020 ini dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga dengan tanggal 4 Januari 2021.

“perayaan Natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian,” Kata fiandar menyampaikan sambutan dari Kapolri.
 
Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Dodi Apriansyah (pakai baju dinas JR)
 

Dalam pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru di Wilayah hukum Polda Banten, Polda Banten telah mempersiapkan 932 personel Polda dan jajaran, 270 personel TNI, serta 864 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 39 POS pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas, dan 7 Pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan 84 Pos Gatur untuk melaksanakan pengaturan lalu lintas.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” ujar fiandar.

Sementara itu kabidhumas Polda Banten menyampaikan bahwa Polda Banten bersama TNI, instansi terkait dan Satgas Covid – 19 berupaya agar pada pelaksanaan Natal dan tahun baru Pelaksanaan Perayaan di batasi waktu maupun kapasitas tempat untuk hindari kerumunan yang berpotensi pada penularan Virus Covid -19.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan perayaan Tahun Baru 2021 dengan Tidak melakukan Konvoi dan kegiatan yang berpotensi terjadi Kerumunan Saat Libur Natal dan tahun baru 2021 lebih baik di rumah saja dan terapkan Protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak,” Tutup Edy sumardi.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020