Serang (ANTARABanten) - Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah di Provinsi Banten mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1,8 juta orang pada 2010.

Wakil Gubernur Banten HM Masduki di Serang, Selasa, mengatakan, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah di wilayah Provinsi Banten saat ini sekitar 922.227 unit, bergerak di berbagai bidang usaha kecil.

"Kami berharap kenaikan tarif dasar listrik, tidak berpengaruh terhadap sektor UMKM karena khawatir berdampak pada pengurangan tenaga kerja pada sektor ini," kata HM Masduki pada pelantikan pengurus Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (Ippkindo) Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten di Serang.

Masduki mengatakan, dalam menghadapi permasalahan tersebut, perlu diupayakan langkah-langkah untuk membantu menyelamatkan dan pemberdayaan para pedagang kecil dan UMKM.

Diantaranya pemberian pendampingan dan fasilitasi, penguatan daya saing agar bisa tetap tumbuh dan berkembang, serta koordinasi dalam perumusan kebijakan antara organisasi masyarakat sepert Ippkindo dan organiasai lainnya dengan pemerintah.

"Usaha kecil jangan dibiarkan tetap kecil, namun harus berkembang menjadi besar serta tangguh dan mandiri," kata Masduki.

Menurut Masduki, sampai saat ini masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM diantaranya, keterbatasan kemampuan sumberdaya manusia atau skill, akses permodalan, pemasaran, pengelolaan dan kelembagaan.

"Organisasi yang sudah ada seperti ini, diharapkan bisa berperan aktif melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memberdayakan UMKM agar memiliki daya saing kuat," kata Masduki.

Sementara itu, Ketua Ippkindo Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Banten Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya siap melakukan upaya-upaya dalam rangka pemberdayaan UMKM dan pedagang kecil.

Seperti dalam bentuk pelatihan, membantu memfasilitasi akses permodalan, pemasaran serta bekerja sama dengan perusahaan BUMN di Banten agar bisa menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk permodalan UMKM tersebut.

"Ada sekitar 40 BUMN di Banten, kami akan berupaya agar BUMN tersebut menyalurkan CSR-nya untuk membantu permodalan usaha kecil," kata Airin Rachmi Diany.   

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010