Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Banten memberikan kemudahan bagi masyarakat di Provinsi Banten untuk memeroleh kebutuhan pokok di masa pandemi, dengan memberikan layanan pesan-antar melalui Toko Tani Indonesia Central Daerah (TTICD) Banten, bekerja sama dengan Gojek.

"Sejak awal masa pandemi COVID-19 kami kerja sama dengan Gojek untuk memberikan layanan pesan antar kebutuhan pokok bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Banten Aan Muawanah di Serang, Senin.

Baca juga: Arief: Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Tangerang meningkat signifikan

Ia mengatakan kebutuhan pokok tersebut disediakan oleh toko tani Indonesia daerah Banten yang dikelola Badan Ketahanan Pangan Provinsi Banten. Kebutuhan pokok yang disediakan di antaranya beras, telur, bawah merah, bawang putih, minyak, gula dan kebutuhan pokok lainnya.

"Harganya juga di bawah harga pasar. Kemudian, bagi warga yang jaraknya maksimal 15 kilometer dari toko tani Indonesia, tidak ada ongkos kirim alias gratis," kata Aan.

Bagi warga yang membutuhkan bahan pokok bisa memesan melalui aplikasi gofood dan barang yang dipesan bisa diantar langsung oleh Gojek ke lokasi pemesan tanpa ongkos kirim jika lokasinya maksimal 15 kilometer dari gudang toko tani Indonesia daerah Banten yang ada di Kota Serang.

"Kemarin saja harga cabe kriting kita jual Rp32 ribu per kilogram. Sementara harga di pasaran masih sekitar Rp40 ribu per kilogram," kata Aan.

Aan mengatakan secara umum kondisi ketersediaan pangan di Banten sampai saat ini maaih aman. Hal ini bisa ditunjukan dari stabilitas harga kebutuhan pokok di pasaran yang masih relatif stabil.

"Apalagi ketersediaan beras saat ini sangat cukup, karena di beberapa daerah juga sudah mulai panen," kata Aan. 




 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020