Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak, Banten mencatat adanya dua pasien positif COVID-19 di daerah itu yang dinyatakan sembuh setelah dirawat di RSUD Banten.

"Dengan bertambahnya dua orang itu maka total menjadi 16 pasien corona sembuh atau berstatus aman," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Jumat.

Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Lebak hingga kini terkonfirmasi 21 orang, namun sebanyak 16 orang dinyatakan sembuh dan seorang dilaporkan meninggal dunia, sisanya empat orang kini masih dalam pengawasan atau perawatan medis RSUD Banten.

Menurut Firman, pasien yang sembuh tersebut kini menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Kami berharap pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan medis segera lekas sembuh," katanya menjelaskan.

Menurut dia, perkembangan keempat pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan medis di RSUD Banten dalam kondisinya baik.

Kemungkinan besar mereka dalam waktu dekat ini bisa berkumpul kembali bersama anggota keluarganya.

Firman menjelaskan pasien COVID-19 harus optimistis segera sembuh karena sebagian besar pasien yang tertular penyakit membahayakan dan mematikan itu bisa kembali sembuh.

"Kami berharap pasien yang dinyatakan sembuh agar tetap di rumah untuk melakukan isolasi mandiri," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Triatno Supiono mengajak masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Selain itu juga membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta menghindari kerumunan.

"Kami yakin dengan menerapkan protokol kesehatan itu dapat memutus mata rantai penyebaran pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020