Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya menyebut bahwa satu lagi warga Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19.

"Sebelumnya total warga Palangka Raya yang sembuh dari COVID-19 ada enam dan terakhir ada satu warga lagi dinyatakan sembuh. Jadi total warga Palangka Raya yang sembuh dari COVID-19 ada tujuh," kata Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Emi Abriyani di Palangka Raya, Kamis.

Dia menambahkan bahwa sampai saat ini total kasus warga "Kota Cantik" yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 14 orang, tujuh dinyatakan sembuh dan sisanya masih menjalani perawatan di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

"Dengan dinyatakan satu pasien tersebut sembuh dari COVID-19, maka yang sebelumnya empat kelurahan masuk zona merah, kini tinggal tiga kelurahan yang masuk zona merah penyebaran COVID-19," katanya.

Tiga kelurahan yang masih masuk zona merah itu, yakni Kelurahan Bukit Tunggal, Palangka dan Kelurahan Menteng. Penetapan itu karena di kelurahan tersebut masih terdapat kasus positif COVID-19.

Pernyataan tersebut didasarkan pada data Satgas Gugus COVID-19 Kota Palangka Raya pada Rabu, 8 April 2020, pukul 17.00 WIB, terkait kategori zona di 30 kelurahan di kota setempat terkait penyebaran virus corona.

Masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini pun diminta untuk selalu menaati anjuran pemerintah dengan tidak keluar rumah jika tidak ada kegiatan mendesak. Terlebih lagi, jika masyarakat dari kelurahan di zona hijau dan kuning menuju ke kelurahan zona merah.

Warga di Kota Palangka Raya diminta untuk selalu menggunakan masker saat bepergian, selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembersih tangan usai beraktivitas.

Selain itu juga selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan jika mengalami gejala awal COVID-19 dan selalu makan makanan sehat dan bergizi guna menjaga imunitas tubuh.

Jika terdapat tanda-tanda orang dengan gejala COVID-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal/tempat kerja masing-masing, segera melaporkan atau berkoordinasi melalui call center 082157336165, 08125086776, 082357720665 dan 0811523004.

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Tim Gugus Tugas COVID-19 terus melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi, penyemprotan disinfektan di tempat publik dan perumahan serta pemantauan sosial berskala besar.

Masyarakat di kota setempat itu diimbau tidak panik menyikapi perkembangan kasus penyebaran virus dari China tersebut. Masyarakat juga diminta selalu menjaga kewaspadaan dan selalu menaati anjuran dari pemerintah.

Pewarta: Rendhik Andika

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020