Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengunjungi Kantor Berita Antara Biro Banten dalam rangka mengetahui dan mempelajari tentang sejarah berdirinya lembaga tersebut.

"Intinya kami datang ke Kantor Berita Antara Banten ini adalah ingin mengetahui lebih mendalam tentang sejarah berdirinya Antara," kata Nada Khofia salah satu mahasiswa UIN SMH Banten di Kantor Antara Biro Banten Kepandean Kota Serang, Jumat.

Selain itu, kedatangan para mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam tersebut juga ingin mempelajari tentang kiprah Antara di kancah Internasional sebagai kantor berita yang berkelas dunia. 

Sementara Ahmad Andri mengungkapkan, tujuan kunjungan ke kantor Antara adalah untuk mengetahui bagaimana media massa dalam perkembangan komunikasi, baik dalam sejarah berdirinya, program kerja, dan daya saing di era 4.0, dan bagaimana menjaga ke murnian berita di Indonesia dan manca negara
.
Kedatangan para mahasiswa diterima langsung oleh Kepala Biro Antara Banten Sambas, yang dilanjutkan dengan obrolan santai namun penuh keakraban.
                                                          
"Kami sangat senang dengan adanya kunjungan para mahasiswa yang ingin mengetahui sejarah Kantor Berita Antara, dan  kaum milenial harus tahu itu", kata Sambas.                                                                                                           

Sambas menjelaskan, Antara yang berdiri pada 13 Desember 1937 berperan sebagai kantor berita perjuangan rakyat dalam merintis kemerdekaan Indonesia. Menggemakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke seluruh penjuru dunia pada tahun 1945.                                                                                                               

"Dengan tersebarnya Proklamasi Kemerdekaan RI ke seluruh penjuru dunia, maka dunia mengakui kemerdekaan Negara kita," katanya.                                                                                                                 

Saat ini kata dia, Antara sebagai 'PR' nya pemerintah, berperan sebagai  penyebar informasi  tentang berbagai kemajuan yang telah dicapai, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Bahkan Antara yang memiliki biro perwakilan di sejumlah negara, turut memperjuangkan harkat Bangsa Indonesia.                                                                                                           

"Sebagai Duta Informasi Bangsa, Antara tetap memperjuangkan kemajuan dan harkat bangsa melalui penyebaran informasi ke dalam dan keluar negeri secara cepat dan akurat," kata Sambas.

Mahasiswa lainnya yakni Selma Aulia dan Rani sapitri berharap, Antara akan selalu mempertahankan kecepatan, serta keakuratannya dalam mempublikasikan berita.

"Semoga observasi kami ini bermanfaat  untuk memenuhi tugas ujian akhir semester. Harapan kami untuk Antara News di seluruh Indonesia, semoga semakin kuat menjaga eksistensi dalam pendistribusian berita, dan tentunya semakin kreatif dalam
 penyajiannya di era digital seperti sekarang ini," katanya


.                                    
                                                  Mahasiswa UIN SMH Banten saat melakukan kunjungan ke kantor Berita Antara Biro Banten, Jumat. (Istimewa)





 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019