Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengajak kaum milenial atau kalangan anak-anak muda dapat membangkitkan semangat berinovasi untuk berkarya sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Kita berharap kalangan muda dapat mengisi kemerdekaan dengan semangat berinovasi," kata Iti Octavia saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung, Lebak, Minggu.

Kalangan muda harus berpartisipasi dan berinovasi untuk mengisi kemerdekaan agar menjadikan bangsa ini ke depan menjadi lebih baik dan kehidupan masyarakat sejahtera.

Sebab, kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah itu penuh perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

Mereka para pahlawan begitu ikhlas hingga mengorbankan jiwa demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, kalangan muda tentu harus bersemangat dan berinovasi untuk melanjutkan para pahlawan agar bangsa ini menjadi lebih baik.

Dimana para pahlawan yang penuh semangat berjuang hendaknya ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan menjadikan momentum untuk kebangkitan bangsa sehingga anak-anak muda sebagai generasi muda dapat berinovasi, berkarya untuk meningkatkan kehidupan rakyat menjadi lebih baik.

Selain itu juga generasi bangsa dapat menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang "The Founding Father" Bung Karno bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

"Kita berharap melalui peringatan Hari Pahlawan menjadikan kebangkitan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini," ujarnya.

Menurut dia, para pahlawan penuh pengorbanan tenaga, harta hingga nyawa demi meraih kemerdekaan.

Namun, saat ini untuk menjadi pahlawan tidak berjuang dengan mengangkat senjata, tetapi dengan berinovasi, berkarya untuk meraih prestasi untuk kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Selain itu juga mampu menjadikan duta perdamaian di internasional, karena penjajahan tidak memiliki perikemanusiaan juga melanggar hak asasi manusia.

Oleh karena itu, Bupati Lebak mengajak seluruh masyarakat untuk terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia, katanya.

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan dengan tema "Jadilah pahlawan masa kini yang mempunyai kepedulian terhadap sesama" juga dihadiri Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, unsur Forkopimda, dan para kepala OPD.

Sementara itu untuk peserta upacara diikuti TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, ASN dan para pelajar.

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019