Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua telah melantik pengurus PMI Kabupaten Deiyai untuk masa bakti 2019-2024 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, Kamis (31/10) lalu.

Terbentuknya Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Deiyai Papua itu diharapkan menjadi contoh untuk kehadiran PMI di Kabupaten tetangga lainnya di Papua, kata Ketua Harian PMI Provinsi Papua, Zakius Degei  ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat.

Zakius Degei mengemukakan sejak PMI ada di Provinsi Papua di Kabupaten Deiyai tidak pernah terbentuk PMI, sehingga beberapa waktu lalu pihaknya menyurati  Bupati Deiyai.

"Surat itu  selanjutnya ditanggapi dan diberikan izin mendirikan PMI di wilayah Tigi. Sehingga bisa dikeluarkan rekomendasi untuk izinkan mendirikan PMI di Kabupaten Deiyai, sekaligus menunjuk Kornelis Pakage sebagai Ketua PMI Deiyai," kata Zakius Degei.

Menurut dia, di kepengurusan tersebut semua unsur telah masuk, seperti perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), dokter, perawat, petugas kesehatan masyarakat, dan umum.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Deiyai karena sudah ada PMI di Deiyai. Karena ini baru ada PMI makanya kami langsung terbitkan SK. Kalau sebelumnya ada berarti pasti melalui Musda," ujarnya.

Menurut dia, nanti setelah lima tahun berikut baru ada Musda untuk pergantian kepengurusan baru, pihaknya meminta kepada PMI Deiyai untuk segera melakukan orientasi kepalangmerahan, dan membentuk relawan PMI.

"Itu yang kami harapkan karena orientasi itu yang sangat penting. Kami berharap PMI Deiyai bisa menjadi contoh untuk kehadiran PMI di Kabupaten tetangga lainnya di wilayah Meepago," katanya.

Wilayah adat Meepago meliputi Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Nabire, Intan Jaya, Paniai dan Mimika. 

Sementara itu, Bupati Deiyai, Ateng Edoway mengapresiasi pelantikan pengurus PMI yang baru ini. Harapannya, ke depan PMI makin hebat dan dirasakan manfaatnya terutama oleh masyarakat yang membutuhkan.

"PMI ini organisasi nirlaba, mereka tidak ada uangnya. Tapi, benar-benar murni sosial. Jadi, kami jamin para pengurus ini sudah teruji jiwa sosialnya," ujarnya.

Ke depan, Edoway berpesan PMI bisa makin dikenal oleh semua elemen masyarakat.  

"Saya berharap agar pengurus PMI Kabupaten Deiyai bisa menjadi percontohan menjadi pengurus PMI terbaik di Mee Pago ataupun Papua," tambah dia.

 

Pewarta: Musa Abubar

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019