Desa Modang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur menyiapkan sekitar 600 hektare lahan di kawasan hutan untuk mendukung Program Kampung Iklim (Proklim).

Menurut Kasi Ketahanan dan Sosial Budaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Huzaimah dihubungi dari Samarinda, Kamis, total kawasan hutan di desa tersebut kurang lebih 1.600 hektare.

Ia mengatakan kurang dari separuh luas wilayah hutan disiapkan untuk program pengurangan emisi karbon Forest Carbon Partnersihip Fasility (FCPF) Carbon Fund 2020-2024.

Ia mengatakan tim DPMPD Kaltim melakukan Monitoring dan Evaluasi Sosialisasi Proklim secara serentak di tujuh kabupaten se-Kaltim, 22-26 Oktober 2019.

"Khusus Desa Modang, monitoring dan evaluasi dilaksanakan, Kamis ini. Tim didampingi kepala Desa Modang beserta perangkatnya," kata dia.

Huzaimah menjelaksan bahwa di Desa Modang terdapat kawasan hutan seluas 1.600 hektare lebih.

"Seluas 1.000 hektare diperuntukkan untuk hutan hayati dan 600 hektare untuk hutan proklim,” kata dia.

Lokasi hutan proklim berjarak sekitar delapan kilometer dari kantor desa dengan medan yang cukup ekstrem.

Hasil monitoring dan evaluasi tersebut mengungkapkan bahwa kepala desa, LPM, BPD, dan tokoh masyarakat bersedia bekerja sama dalam kegiatan proklim yang direncanakan di Desa Modang.

"Mereka secara prinsip siap menunggu tindak lanjut pelaksanaan program,” kata dia.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019